Kisah Anna Sorokin, Penipu yang Mengaku Anak Miliuner Jerman

Kisah Anna Sorokin, Penipu yang Mengaku Anak Miliuner Jerman

Anna Sorokin, seorang wanita Rusia berkewarganegaraan Jerman, memalsukan dirinya sebagai seorang pewaris harta keluarga bangsawan miliuner. Dia tertangkap di Amerika pada 2017. Pada tahun 2019, pengadilan menjatuhkan padanya hukuman penjara 4–12 tahun, dan dia terancam dideportasi pulang ke Jerman.

Anna lahir di Rusia, ayahnya seorang supir truk, dan ibunya pemilik sebuah warung kecil. Pada usia 16 tahun, mereka pindah ke Jerman. Sejak kecil, Anna tertarik pada dunia mode (fashion), dan mengimpikan kesuksesan di sana.

Pada usia 21 tahun, Anna bekerja pada sebuah majalah fashion di Paris, Prancis. Karir itu memberi dia kesempatan untuk berkelana ke New York City di Amerika. Di sanalah Anna mulai merasakan gemerlapnya dunia orang-orang kaya.

Anna mendapat ide untuk membangun suatu usaha yang menyediakan tempat bagi orang-orang kaya untuk mengadakan pesta dan kegiatan-kegiatan yang khusus untuk kalangan atas. Tapi dia tidak punya modal.

Dia mencari orang-orang kaya yang bersedia menjadi partner usahanya dan memberikan modal. Caranya dengan mengaku dirinya dari keluarga bangsawan kaya di Jerman.

Dia hidup dengan mewah, dari uang yang seharusnya dipakai untuk usaha itu. Akhirnya, orang-orang pun menyadari bahwa dia seorang penipu.

Cerita tentang Anna Sorokin ini dituangkan dalam sebuah seri Netflix, berjudul "Inventing Anna".