Untuk Ibu Hamil: Tips Sehat Kehamilan dari Bulan ke Bulan (Bagian 2)


Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Untuk Ibu Hamil: Tips Sehat Kehamilan dari Bulan ke Bulan – Bagian 1). Untuk Mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Bulan kelima:

Anda akan tampak cantik dan seksi di bulan ini. Namun, selain itu, Anda juga perlu merasa bugar. Karenanya, rajinlah berolahraga, karena olahraga yang baik akan memberikan manfaat untuk memudahkan kelahiran, serta dapat mengusir efek samping kehamilan yang tidak menyenangkan semisal mengantuk dan perut kembung. 

Akan sangat baik kalau Anda mengalokasikan waktu sekitar 20 menit tiga kali seminggu untuk melakukan olahraga yang aman untuk perut—seperti yoga, berenang, atau jogging.

Apabila Anda mengalami masalah gigi atau gusi, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter dan atasi permasalahannya. Gigi yang berlubang atau masalah pada gusi dapat memicu pre-eklamsia dan kelahiran prematur. 

Bulan keenam:

Jika Anda ingin menikmati masa berduaan dengan suami, kinilah saatnya. Pada masa ini, Anda bisa memutuskan untuk pergi berlibur dengan suami—waktu yang tepat adalah antara minggu ke-14 sampai minggu ke-27. Hanya saja, tetap berhati-hati pada paparan sinar matahari. Selain itu, usahakan pula untuk rajin berjalan-jalan setiap jam dan menggoyangkan jari kaki untuk menghindari bengkak.

Karena perut yang semakin membuncit, punggung biasanya akan sering terasa sakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa memijat perlahan, atau jangan berdiri dan duduk pada posisi yang sama dalam waktu yang terlalu lama. Selain itu hindari mengambil/meraih barang yang terdapat di atas kepala. Kompres dingin juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengusir nyeri pada punggung.

Bulan ketujuh:

Pada bulan ini, ada kalanya ibu hamil mengalami rasa sakit yang cukup serius. Meski hal ini bisa dibilang sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya kalau Anda tetap rajin memeriksakan kehamilan Anda, khususnya pada bulan-bulan ini. 

Selain itu, cermati pula perubahan yang terdapat pada tangan dan kaki, semisal bengkak, gatal yang kronis, atau kelelahan yang amat sangat (fatigue), dan nyeri di bagian bawah perut.

Akan sangat baik kalau Anda mendaftarkan diri untuk mengikuti senam pra-kehamilan, dan pelajari teknik pernapasan serta rileksasi untuk melahirkan.

Bulan kedelapan:

Ini adalah waktu yang mulai mendekati masa akhir kehamilan, karenanya tidak jarang ibu hamil jadi banyak pikiran pada masa ini. Sebaiknya Anda rileks, agar pikiran tidak menjadi stres karenanya. Hasil riset menyatakan bahwa stres tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir kecil. 

Karenanya, akan lebih baik kalau Anda cukup meluangkan waktu untuk  bersantai di bulan ini, bisa dengan menikmati musik kesukaan, membaca buku favorit, atau hal lain tanpa terganggu oleh aktivitas lain.

Di bulan ini Anda juga bisa banyak makan, bahkan menikmati es krim. Manfaatkan saja hal ini dengan perasaan nyaman, dan nikmatilah.

Bulan kesembilan:

Di bulan terakhir kehamilan ini, ibu hamil biasanya akan sering ke kamar kecil untuk buang air kecil. Tentu saja ini bisa cukup menganggu. Karenanya, kalau Anda juga merasa terganggu dengan hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan berhenti minum setelah pukul delapan malam, terutama teh atau kopi, sehingga kandung kemih tidak penuh.

Apabila merasa sulit tidur, Anda bisa mengatasinya dengan musik yang membuat Anda santai, atau bisa pula memanfaatkan aromaterapi. Suasana kamar yang tenang dan nyaman dengan lampu yang temaram biasanya akan membantu mudah tidur. 

Kalau tetap merasa sulit tidur, sebaiknya lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa senang, semisal membaca buku atau majalah, sehingga pikiran Anda tidak memikirkan yang tidak-tidak. 

Terakhir, apabila merasa sulit tidur, tetapi badan rasanya sudah sangat capek, Anda bisa mencoba berbaring miring, dengan bertumpu pada badan sebelah kiri, dan tekuklah lutut serta letakkan bantal di bawah perut.

Jika Anda mau, Anda bisa membeli teh raspberry di swalayan atau supermarket, dan sering meminumnya pada delapan minggu terakhir masa kehamilan Anda. Hal ini dipercaya dapat membantu menguatkan rahim. Selain itu, memijat daerah perineum (daerah antara vagina dan anus) dengan minyak zaitun akan membantu menghindarikan perobekan rahim.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah; nikmatilah saat-saat akhir kehamilan Anda, dan sambutlah masa bahagia karena sesaat lagi Anda akan menjadi seorang ibu.