Untuk Ibu Hamil: Tips Sehat dan Nyaman Selama Masa Kehamilan


Kehamilan bukanlah kondisi sakit. Artinya, wanita yang sedang hamil tetap harus merasakan kesehatan dan kenyamanan sebagaimana yang dirasakan sebelum hamil. Bahkan, karena kehamilan adalah anugerah—mengingat ada orang lain yang tidak dikaruniai kehamilan—maka ibu hamil harus menjalani masa kehamilannya dengan hati yang gembira.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang sebaiknya diingat ibu hamil, agar kehamilan yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan baik, sehat, aman, nyaman, dan menyenangkan. 

Bila ini adalah kehamilan pertama Anda, pelajarilah buku-buku atau bacaan lain yang mendukung agar Anda dapat lebih memahami serta memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. 

Mintalah nasihat teman yang pernah mengalami kehamilan, atau berdiskusilah dengan ibu Anda yang pastinya telah memiliki pengetahuan banyak mengenai kehamilan. Selain itu, jangan ragu untuk menanyakan apa pun yang ingin Anda ketahui seputar kehamilan Anda, ketika berkunjung ke dokter secara rutin.

Akan lebih bagus jika Anda telah memilih dan menentukan rumah sakit serta dokter yang akan membantu proses kelahiran bayi Anda kelak. Dengan memastikan hal ini sejak awal, maka tenaga medis akan mengetahui riwayat kehamilan Anda, dan memantau perkembangannya setiap saat. 

Pilihlah diet yang sehat dan seimbang. Diet dengan patokan piramida makanan adalah pilihan yang baik untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk minum susu, dan mengkonsumsi makanan lain yang mengandung protein. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak, dan jauhi minuman soda. Apabila ingin menikmati jus, pilihlah jus buah yang asli.

Rajin-rajinlah mengkonsumsi sayuran hijau. Selain memberikan manfaat yang bagus untuk ibu hamil, mengkonsumsi sayuran hijau selama kehamilan juga dapat membuat bayi Anda kelak akan menyukai sayuran pula. 

Hasil penelitian menyatakan bahwa apa yang kita makan selama hamil akan mempengaruhi cita rasa cairan ketuban dimana bayi berkembang, dan hal tersebut akan membuatnya tumbuh dengan menyukai rasa tersebut.

Apabila Anda tidak gemar makan buah atau sayuran setiap hari, Anda perlu mengasup vitamin asam folat yang penting bagi ibu hamil. 

Jangan lupakan untuk selalu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Wanita yang kekurangan vitamin D selama masa hamil dapat menyebabkan bayi yang dilahirkannya kelak memiliki tulang yang lemah. 

Sebaliknya, wanita hamil yang cukup mendapat sinar matahari dan mengkonsumsi suplemen vitamin D cenderung melahirkan bayi dengan kepadatan dan kadar mineral tulang yang lebih tinggi.

Hindari rokok, alkohol, dan obat-obatan bebas. Jangan makan obat sembarangan meskipun dosisnya ringan sekalipun. Jika memang terpaksa, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

Nikmati hari-hari Anda, dan lakukan kegiatan serta aktivitas Anda seperti biasa. Jika Anda bekerja, tetaplah nikmati pekerjaan Anda seperti biasa, meski mungkin perlu mengurangi intensitasnya. Berusahalah untuk santai dan tidak terlalu kelelahan.

Jika Anda suka berolahraga, Anda tetap dapat melanjutkan hal tersebut pada waktu hamil. Jalan kaki atau renang adalah pilihan yang bagus untuk olahraga selama hamil. Selain itu, senam hamil juga bisa diikuti untuk membantu gerakan fisik dan daya tahan pernapasan pada waktu melahirkan. 

Jika sebelum hamil tubuh Anda perlu istirahat, maka selama kehamilan tubuh Anda lebih memerlukan istirahat. Karenanya, jangan lupakan hal satu ini. Ambillah waktu istirahat di sela-sela kegiatan Anda, dan duduklah dengan santai. Luruskan kaki Anda di atas kursi atau kasur. Selain itu, usahakan pula untuk dapat tidur lebih awal, untuk mengatur irama biologis bayi Anda yang ada dalam kandungan.

Seiring kandungan yang makin tumbuh besar, mulailah berbicara dengan bayi yang masih dalam perut Anda. Bangunlah kontak dengan sentuhan. Pada waktu bayi berusia sepuluh minggu, dia akan bereaksi terhadap sentuhan, selain juga mampu bereaksi terhadap cahaya, suara si ibu, musik, dan suara lainnya. 

Jalani hidup dengan lebih santai, agar tidak mudah stres. Pada waktu stres datang, lakukan teknik mengelola stres dengan mengatur pernapasan dan menenangkan otot-otot yang tegang. Ingat, stres dapat memberikan dampak negatif pada bayi yang masih ada dalam kandungan, dan hasil riset menunjukkan bahwa stres juga bisa memicu hiperaktivitas pada bayi setelah dilahirkan kelak.

Rencanakanlah proses melahirkan seperti apa yang akan Anda pilih. Bagaimana pun, melahirkan secara normal dan alamiah adalah pilihan mayoritas para calon ibu.

Apabila Anda menginginkan bayi yang Anda lahirkan nanti menjadi anak yang cerdas—dan pastinya memang begitu—Anda bisa menggunakan tip mudah berikut: hindari minuman beralkohol, karena alkohol dapat menghambat pertumbuhan otak pada janin. 

Konsumsilah kacang kedelai, karena banyak mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi pertumbuhan sistem syaraf janin. Jauhi rokok dan hindari lingkungan merokok, karena asap rokok memiliki pengaruh negatif pada sel otak janin.

Anda juga dapat menstimulasi kecerdasan janin Anda dengan mendengarkan musik lembut serta mengajak calon bayi Anda bercakap-cakap pada bulan ke-6 sampai ke-9, hal ini sesuai dengan pertumbuhan indra pendengaran janin. 

Seperti yang telah disebutkan di atas, kehamilan adalah anugerah. Karenanya, hadapi dan jalanilah kehamilan dengan gembira. Nikmati perubahan yang terjadi pada tubuh Anda dari hari ke hari, dan yakinlah bahwa Anda akan mampu melewati proses kehamilan itu dengan baik, serta melahirkan bayi yang sehat pula.