Tips Memilih dan Menikmati Makanan Sehat agar Diet Lebih Baik


Diet telah menjadi hal penting bagi banyak orang, akibat masalah kegemukan atau kelebihan berat badan mewabah di mana-mana. Upaya diet itu pun kadang sampai dilakukan secara ekstrem, misal dengan tidak makan sama sekali atau hanya makan dalam porsi sangat sedikit. 

Padahal, untuk tetap sehat, tubuh kita membutuhkan beragam nutrisi dan gizi yang terdapat dalam makanan. Karenanya, kunci untuk menjalani diet sebenarnya bukan tidak makan, melainkan menyeimbangkan yang kita makan.

Berikut ini tip memilih dan menikmati makanan sehat, agar Anda bisa menjalani diet dengan lebih baik dan tanpa banyak tekanan.

Konsumsi makanan kaya nutrisi

Untuk tetap sehat, tubuh kita membutuhkan 40 jenis nutrisi. Karenanya, satu jenis makanan saja tidak bisa mencukupi asupan semua jenis nutrisi tersebut. Karenanya pula, pilihan makanan Anda sehari-hari perlu mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan, atau makanan yang mengandung protein lainnya.

Konsumsi padi-padian, buah, dan sayuran

Padi-padian, buah, dan sayuran, adalah makanan penting untuk asupan nutrisi bagi tubuh. Sayangnya, berdasarkan penelitian, diketahui bahwa kebanyakan orang tidak atau belum cukup mengonsumsi jenis makanan-makanan tersebut. 

Karenanya, Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apakah sudah cukup mengonsumsi porsi nasi atau sereal, apakah jenis makanan yang Anda konsumsi termasuk padi-padian, dan apakah Anda sudah cukup menyantap buah dan sayuran?

Atur berat badan yang seimbang

Selain perlu mengasup nutrisi yang tepat dan sehat, hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah menjaga berat badan agar selalu seimbang. Karena apalah arti makanan sehat, kalau berat badan terus membengkak. 

Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan keturunan. Kelebihan berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan masalah liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya.

Makan dalam ukuran layak

Aturan makan yang penting adalah makan dalam jumlah layak—tidak terlalu sedikit, dan tidak terlalu banyak. Jika Anda ingin mempertahankan berat badan ideal yang masuk akal sekaligus tetap sehat, maka cara paling mudah adalah mengonsumsi makanan yang Anda inginkan dalam porsi yang layak. Karenanya pula, jangan mudah tergoda makan berlebihan hanya karena terasa enak.

Makan secara teratur

Makan secara teratur dalam porsi sedikit, jauh lebih baik daripada makan banyak namun tak teratur. Ketika sedang menjalani diet, banyak orang yang sengaja melewatkan jam makan. 

Saat seharusnya makan siang, misalnya, mereka sengaja tidak mau makan. Padahal, melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, namun hasilnya malah memunculkan rasa lapar yang berlebihan. 

Saat Anda merasa lapar, itu berarti Anda membutuhkan nutrisi dalam makanan. Menjalani diet dengan tujuan menurunkan berat bukan berarti melupakan pentingnya sehat.

Kurangi, bukan membatasi porsi makan

Banyak orang yang mengonsumsi makanan bukan untuk mengganjal perut yang sedang kelaparan, namun untuk menyenangkan diri. Kecenderungan semacam itu biasanya terjadi pada waktu pesta, resepsi, atau semacamnya. Bisa jadi, Anda juga akan tergoda untuk melakukannya. 

Sebenarnya, tidak masalah menikmati makanan enak. Anda bahkan bisa saja menikmati semua makanan yang ingin Anda nikmati. Namun, yang perlu diingat, konsumsilah dalam jumlah yang minim, agar kenikmatan makan tidak menghasilkan penyesalan sesudahnya.

Seimbangkan pilihan makanan setiap saat

Meski kita diminta untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi, namun kenyataannya hal semacam itu kadang tidak mudah. Dalam keseharian, selalu ada kemungkinan kita harus berhadapan dengan makanan-makanan yang justru mengandung zat-zat negatif bagi kesehatan. 

Kenyataannya, Anda memang tidak harus memastikan semua makanan benar-benar sempurna. Jika Anda kebetulan menyantap makanan tinggi lemak, garam, atau gula, pilihlah yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda mengonsumsi jenis makanan itu dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya.

Ketahui kesulitan program diet Anda

Salah satu upaya untuk memperbaiki kebiasaan makan Anda adalah dengan mengenali apa yang salah dalam pola makan Anda. Untuk mengetahui hal itu, Anda bisa menuliskan daftar makanan apa saja yang telah Anda konsumsi selama tiga hari, kemudian lihat apa yang kurang dan apa yang berlebihan, apa yang sebaiknya dikurangi dan apa yang sebaiknya ditambahkan.
 
Buat perubahan secara bertahap

Kenyataannya, tidak ada makanan sempurna yang bisa memenuhi semua kebutuhan diet sehat dengan mudah. Begitu pula, tidak mudah mengubah hal-hal tertentu yang telah menjadi kebiasaan, termasuk dalam hal makanan dan pola makan. 

Karenanya, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan Anda dalam semalam. Buat saja perubahan secara bertahap, sedikit demi sedikit, namun konsisten, hingga menjadi kebiasaan baru.

Makan bukan kebiasaan buruk

Yang juga perlu diingat selalu adalah bahwa makan bukan hal buruk, sebagaimana makanan bukan hal buruk. Kesadaran semacam itu dibutuhkan agar Anda tidak terlalu berlebihan dalam menyalahkan diri sendiri ketika kebetulan menikmati makanan seperti es krim atau pie. 

Selama Anda terus berusaha menyeimbangkan gizi Anda dengan beragam makanan lain yang lebih sehat, sesekali menikmati es krim atau cokelat juga tidak masalah.