Tips Ibu Hamil: Panduan Memahami Tahap-tahap Kehamilan (Bagian 1)


Ketika Anda dinyatakan hamil, maka perubahan akan mulai terjadi pada tubuh Anda. Namun bukan hanya itu, karena seiring dengan makin bertambahnya usia kehamilan tersebut, janin yang ada dalam kandungan Anda pun kian berkembang.

Masa kehamilan dibagi dalam tiga semester (trimester), dan masing-masing trimester tersebut memiliki tahap-tahap perubahan serta perkembangannya sendiri-sendiri, baik bagi diri Anda, maupun bagi calon bayi Anda. Berikut ini adalah panduan mudah memahami tahap-tahap kehamilan yang Anda jalani.

Trimester pertama kehamilan

Bulan ke-1 Anda:

Pada minggu keempat masa kehamilan, perubahan pertama mulai tampak. Pertanda pertama dan satu-satunya perubahan fisik yang ada biasanya adalah rasa metal dalam mulut.

Bulan ke-1 Bayi:

Pada waktu memasuki minggu kedua, struktur dasar susunan syaraf pusat di dalam kandungan mulai terbentuk.

Bulan ke-2 Anda:

Pada minggu kelima, Anda akan merasakan gejala seperti menjelang menstruasi, semacam kembung, gerah, dan sakit kepala. Selain itu, payudara mulai membesar dan menjadi lebih peka, serta frekuensi buang air kecil akan mulai bertambah sering.

Pada minggu keenam, vagina dan labia mayora akan mulai bereaksi terhadap peningkatan aliran darah, dengan berubah warna menjadi kebiru-biruan. Pada minggu ini pula rasa mual dan muntah mulai terjadi.

Pada minggu ketujuh, Anda terkadang merasa pusing dan sesak napas, dan benjolan-benjolan kecil mulai muncul di payudara, serta area seputar puting susu berubah warna menjadi lebih tua. 

Pada minggu kedelapan, rambut Anda biasanya akan mulai sulit ditata. Sementara cairan bening, putih, serta tidak berbau mulai merembes keluar dari vagina.
Bulan ke-2 Bayi:

Pada minggu kelima, embrio bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada minggu keenam, jantung bayi mulai berdegup, sementara kepala, dada, juga perut mulai terbentuk.

Pada minggu ketujuh, mulai terbentuk lekukan-lekukan yang menandai tempat dimana jari tangan dan jari kaki akan tumbuh.

Pada minggu kedelapan, semua organ bagian dalam janin sudah ada pada tempatnya, dan sendi-sendi utama seperti pundak serta pinggul telah terlihat dengan jelas—meski pada waktu itu panjang janin baru sekitar 2,5 centimeter. 

Bulan ke-3 Anda:

Pada minggu kesembilan, kulit Anda biasanya mengalami perubahan, gusi mulai melunak sehingga memerlukan perawatan saksama, dan kelenjar tiroid/gondok di sisi leher depan agak membesar.

Pada minggu kesepuluh, ukuran uterus sudah sebesar buah jeruk, dan ukuran payudara sudah lebih besar dari ukuran bra normal Anda. 

Pada minggu kesebelas, rasa mual dan muntah serta morning sickness mulai hilang, volume darah bertambah banyak, dan pada minggu ini Anda bisa mengalami mimisan.

Pada minggu kedua belas, uterus Anda telah tumbuh lebih tinggi dari tulang panggul, dan akan terasa jika diraba dari luar.

Bulan ke-3 Bayi:

Pada minggu kesembilan, mulut dan hidung sudah kelihatan, dan kedua lengan tumbuh dengan cepat.

Pada minggu kesepuluh, bentuk jari tangan dan jari kaki sudah mulai kelihatan, meski satu sama lainnya masih tersambung atau terhubung oleh selaput kulit.

Pada akhir minggu kesebelas, semua organ bagian dalam bayi sudah berbentuk serta berfungsi.

Pada minggu kedua belas, kelopak mata, kuku jari tangan dan kuku jari kaki sudah kelihatan, persendian dapat bergerak, dan bayi mulai mampu mengisap serta menelan.

Trimester kedua kehamilan

Bulan ke-4 Anda:

Di awal trimester kedua ini, morning sickness mulai berkurang, bahkan dapat hilang sama sekali. Pada masa ini, pinggang Anda akan semakin melebar, produksi keringat akan meningkat, gerakan janin akan mulai terasa, dan rasa mual akan menyebabkan produksi air ludah Anda akan meningkat.

Bulan ke-4 Bayi:

Pada minggu ketiga belas, bentuk janin sudah sempurna, dan akan terus membesar sepanjang sisa masa kehamilan.

Pada minggu keempat belas, berat janin akan naik hingga sekitar 64 gram, meski seminggu sebelumnya masih sekitar 28 gram. Pada masa tersebut, janin sudah mampu mengepalkan jari-jari tangannya, dan alat ultrasound mulai bisa mendeteksi detak jantungnya.

Pada minggu keenam belas, gerakan janin akan semakin keras, dan otot-ototnya semakin kuat. Selain itu, bulu-bulu halus (lanugo) yang menutupi seluruh tubuh akan mulai kelihatan, begitu pula dengan alis matanya.

Bulan ke-5 Anda:

Ulu hati Anda akan terasa panas, kulit dan rambut semakin berubah, warna kulit wajah akan berubah menjadi cokelat kekuningan (kloasma), dan tahi lalat membesar dan bertambah gelap. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mewaspadai adanya kemungkinan kanker kulit.

Baca lanjutannya: Tips Ibu Hamil: Panduan Memahami Tahap-tahap Kehamilan (Bagian 2)