Tips Diet Sehat: Cara Menyisipkan Makanan Berserat ke dalam Diet


Serat adalah nutrisi yang baik untuk jantung, keseimbangan kadar gula dalam darah, usus besar, dan lain-lain. Serat juga dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet demi menekan rasa lapar yang diakibatkan pola makan yang lebih ketat. 

Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan asupan serat saat diet, Anda bisa menggunakan tip berikut ini, agar diet Anda tetap memberi asupan serat yang cukup.

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak serat. Karenanya, Anda bisa mengonsumsi dua sampai empat kali hidangan buah, serta tiga sampai lima kali sajian sayur setiap hari, untuk menjaga asupan serat bagi tubuh.

Makanan ringan

Jika Anda suka mengonsumsi makanan ringan, Anda bisa menikmati biskuit gandum yang lebih kaya serat. Makanan ringan lain yang juga mengandung serat adalah biji-bijian dan kacang.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak serat. Karenanya, Anda bisa memasak makanan berbahan kacang-kacangan, seperti buncis, kacang kedelai, dan semacamnya, setidaknya seminggu sekali.

Makanan penutup

Saat diet, Anda tetap bisa menikmati makanan penutup, namun sebisa mungkin hindari kue atau es krim. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih buah beri yang lebih berserat, seperti stroberi, blueberi, atau lainnya.

Bubur gandum

Gandum mengandung serat yang lebih banyak dibanding nasi. Selain bisa diperoleh melalui biskuit, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubur gandum.

Tips tambahan

Jika Anda mengonsumsi makanan kalengan atau paketan, jangan lupa membaca sajian serat harian pada label makanan yang akan Anda konsumsi, agar Anda bisa memilih makanan yang banyak mengandung serat. Selain itu, jangan lupa untuk meminum air dalam jumlah cukup setelah memakan makanan berserat, agar pencernaan lebih lancar.