Tidur 5-10 Menit di Siang Hari Bisa Menyegarkan Tubuh dan Pikiran


Umumnya, orang bekerja selama 8 jam setiap hari. Selama 8 jam bekerja, bisa jadi ada hal-hal tertentu yang membuat fisik lebih kelelahan, atau pikiran lebih stres. Itu hal umum yang biasa ditemui pekerja di mana pun. 

Bagaimana Anda biasanya ketika menghadapi saat-saat seperti itu? Ada cara yang efektif untuk menghadapi tekanan kerja yang melelahkan fisik atau pikiran, yang disebut napping atau tidur pendek.

Napping adalah tidur dalam waktu sesaat, hanya sekitar 5-10 menit, namun memiliki dampak positif bagi tubuh dan pikiran. Karena fungsi napping adalah untuk menyegarkan kembali fisik atau pikiran yang lelah akibat bekerja, maka napping pun tentu dilakukan pada siang hari—kecuali jika Anda bekerja pada malam hari.

Meski hanya 5-10 menit, napping bisa meningkatkan kebugaran dan kewaspadaan. Tidur pendek di sela-sela bekerja bisa membantu kita lebih segar, sehingga lebih mampu menghadapi tekanan pekerjaan dengan baik. Tidur singkat tersebut dapat membantu mengatasi kelelahan akibat kehilangan waktu tidur, atau akibat beban dan waktu kerja yang berlebihan.

Karena manfaatnya yang positif, beberapa negara pun telah mempraktikkan hal itu. Banyak perusahaan yang sengaja menyediakan ruang untuk napping para karyawannya, agar mereka bisa terus produktif bekerja. 

Di Jepang, misalnya, napping telah sejak lama diterapkan. Banyak perusahaan atau perkantoran di Jepang yang menyediakan tempat khusus, disebut nap room, bagi para pekerja untuk dapat tidur sejenak ketika lelah datang.

Umumnya, tingkat kelelahan fisik mulai terjadi pada tengah hari, karena itu pula banyak pekerja yang biasanya mulai letih atau mengantuk saat siang, atau beberapa saat setelah makan siang. Itu merupakan hal wajar, karena enzim tubuh kita telah banyak digunakan sejak bangun tidur hingga beraktivitas.

Tentu saja tingkat kelelahan masing-masing orang bisa berbeda, dan masing-masing orang bisa memiliki cara sendiri dalam mengatasi lelah yang dialaminya. Namun, jika Anda menginginkan cara yang mudah dan terbukti manjur, Anda bisa mencoba mempraktikkan napping. 

Istirahat singkat itu cukup mampu memulihkan tenaga, karena mengizinkan tubuh melakukan homeostatis atau pemulihan diri. Hasilnya, kinerja kita setelah itu pun akan berlangsung dengan lebih efektif.

Untuk melakukan napping, Anda hanya perlu mencari tempat yang nyaman tanpa terganggu. Setelah itu, tarik napas dalam-dalam, dan lemaskan seluruh otot tubuh. Jika memang mengantuk, tidurlah sesaat. Anda akan merasa segar kembali setelah bangun.