Ternyata, Ular Tidak Bisa Mengedipkan Matanya


Ular tidak memiliki kelopak mata, sehingga tidak bisa berkedip, juga tidak bisa menutup matanya, bahkan ketika tidur. Ketika ular bergerak ke sana ke mari, matanya dilindungi oleh sisik transparan yang disebut brille. 

Kebanyakan orang berpikir ular memiliki tatapan mata yang jahat, namun anggapan seperti itu semata-mata karena ular tidak bisa mengedipkan matanya.

Ular apa yang Berkacamata?

Ular gurun sering bersantai dan menunggu mangsa dengan cara menyelam ke dasar pasir. Pertama, ia akan menggeliat serta bergerak menyamping, kemudian menggerakkan ekornya dari kiri ke kanan dengan sangat cepat, sampai akhirnya seluruh tubuhnya terbenam sepenuhnya di dalam pasir, kecuali satu atau kedua matanya. 

Cara menunggu mangsa semacam itu berbahaya bagi hewan lain, karena mata tetap berada di luar, sehingga rawan terkena badai pasir secara tiba-tiba. 

Namun hal itu tidak terjadi dengan ular gurun, karena mata hewan berbisa itu memiliki “kacamata” yang terbuat dari sisik seperti kaca, sehingga matanya terlindung dari badai debu pasir.