Ternyata, Mengeringkan Rambut dengan Handuk Bisa Bikin Rambut Rusak



Agar rambut kuat dan sehat, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minum air putih, konsumsi vitamin, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik. Rambut adalah cermin kondisi keseluruhan tubuh Anda. Tubuh yang terawat secara sehat akan memiliki rambut yang kuat, bersinar, dan berkilau. 

Berikut ini tip yang bisa Anda ikuti, agar rambut Anda senantiasa sehat dan berkilau.

Mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut dengan handuk dapat menyebabkan rusaknya rambut, jika tidak hati-hati. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut, dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak, dan ujung rambut terbelah. 

Karenanya, daripada Anda menggosok rambut dengan kuat, sebaiknya tepuk-tepuk saja rambut yang basah tersebut dengan handuk, kemudian diusap sesuai pertumbuhan rambut. Cara ini tentu saja akan makan waktu, tetapi berharga untuk rambut Anda.

Pengeringan rambut dengan menggunakan pengering rambut (hair dryer) juga bisa membuat rambut dan kulit kepala sangat kering. Sebaiknya, beri jarak antara 15 sampai 20 sentimeter antara pengering dan rambut, dan gerakkan lembut dari sisi ke sisi yang lain. Kalau bisa, sebaiknya tidak usah menggunakan pengering sama sekali, dan biarkan saja rambut kering secara alami.

Menyisir rambut

Gunakan sisir atau sikat bergigi jarang untuk rambut basah, untuk meminimalkan kerusakan akibat rambut tertarik oleh sisir.

Menjaga rambut

Jika Anda suka berenang di kolam renang, sebaiknya basahi rambut Anda terlebih dulu dengan air kran sebelum masuk ke kolam, untuk meminimalkan kerusakan akibat zat kimia di dalam kolam. Air di dalam kolam renang mengandung zat kimia yang dapat membuat rambut kering, rusak, dan kusam. 

Atau, Anda bisa pula membawa botol spray yang sudah diisi campuran air bersih dan sesendok makan kondisioner. Sebelum masuk ke dalam kolam, basahi dulu rambut Anda dengan campuran tersebut, untuk mencegah rambut rusak, kering, dan kusam.

Merawat rambut

Berulang kali mewarnai rambut akan dapat merusakkannya. Cat rambut dapat membuat kasar rambut dan kulit kepala Anda.

Selain itu, hindari pula menggunakan shampo setiap hari. Pada umumnya, shampo dibuat untuk menimbun zat pelindung dan pelembut rambut ke dalam batang rambut. Apabila Anda terlalu rajin berkeramas, maka pelindung tersebut tidak akan sempat bekerja optimal, karena ikut tersapu bersih.

Melembapkan rambut

Apabila pemakaian pelembap atau protein kurang, rambut akan mudah kering. Untuk mengatasinya, gunakan kondisioner dan pelembap yang baik. Anda juga bisa mengoleskan sejenis serum pelembut, agar rambut lebih mudah diatur dan bersinar.