Spesifikasi Honda Civic Type R, Mobil Sirkuit yang Bisa Dipacu di Jalanan


Untuk menjawab antusiasme para pecinta adrenalin, Honda Prospect Motor meluncurkan varian tertinggi dari Honda Civic, yakni Type R, yang meluncur di Indonesia pada Agustus 2017 dan mendapat penyegaran pada Mei 2021. Generasi ke-5 dari Honda Civic Type R ini menghadirkan teknologi dan performa yang telah teruji di lintasan balap dunia untuk konsumen di Indonesia. 

Versi facelift Honda Civic Type R mendapatkan beberapa pembaruan dari sisi tampilan eksterior dan juga interiornya. Dari sisi eksterior, tampilan  Honda Civic Type R kembali menegaskan karakter sporty dengan desain baru pada bumper bagian depan dan belakang. 

Pada bagian ban yang berukuran 20” Alloy Wheels juga telah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System, untuk memonitor tekanan angin pada ban yang dapat dilihat oleh penggunanya pada panel instrumen. Pengendara akan diberi peringatan melalui layar MID saat sistem mendeteksi tekanan ban mobil yang kurang dari standar.

Pada segi interior, HPM menambahkan Wireless Charging pada bagian depan kabin, yang memudahkan penggunanya untuk mengisi daya smartphone serta desain baru pada Shift Knob yang telihat semakin sporty. 

Pada bagian roda kemudi juga terdapat perubahan dengan material baru yaitu Alcantara Wrapped Steering Wheel yang memberikan ketebalan ideal untuk memungkinkan penggunanya merasakan genggaman yang lebih baik.

Sedangkan dari sisi tenaga, Civic Type R dibekali dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. 

Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system, sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. 

Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan. Suspensi MacPherson Strut digunakan untuk memaksimalkan handling. Sementara di bagian belakang, multi-link suspension membantu menjaga kestabilan saat mengerem serta mengurangi gejala body roll di tikungan. 

Untuk memberikan kenikmatan berkendara di setiap situasi, tersedia pula tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk sensasi berkendara harian di dalam kota, Sport untuk sensasi berkendara yang lebih sporty, dan +R untuk sensasi berkendara mobil balap di sirkuit.

Di Indonesia, Honda Civic Type R ditawarkan dengan harga Rp 1.177.000.000 (OTR Jakarta).