Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Mobil Mewah Mercedes-Benz


Wilhelm Maybach (1846-1929), direktur teknik pabrik mobil Daimler, Jerman, membuat mobil Mercedes pertama. Peristiwa itu terjadi pada 1901.

Mercedes-Benz adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman, salah satu perusahaan mobil paling terkenal di dunia, dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi tinggi serta memiliki tingkat keamanan yang juga tinggi.

Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang dipatenkan pada Januari 1886. 

Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft (Daimler Motor Company). Sedang mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler.

Nama “Mercedes” sebenarnya berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes. Selain menjadi pengusaha yang menjual mobil produksi Daimler, Jellinek juga berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. 

Pada waktu itu, dia mengendarai kendaraan yang dibuat Daimler, dan menamai timnya dengan nama Mercedes.

Sedangkan logo bintang segitiga dalam lingkaran yang digunakan Mercedes memiliki arti darat, laut, dan udara—karena perusahaan itu memproduksi kendaraan untuk darat, laut, dan udara. Logo tersebut pertama kali diperkenalkan pada tahun 1937.