Resep Alami Mengatasi Sariawan


Sariawan biasanya ditandai dengan bibir yang pecah-pecah pada penderitanya. Terkadang juga hal itu terjadi pada bagian rongga mulut dan lidah. Penyebab sariawan biasanya adalah karena kekurangan vitamin C, B1 dan B2 sebagai akibat makan makanan yang pedas-pedas, atau makanan yang sulit dicerna. Minuman keras atau minuman yang terlalu dingin juga dapat memicu penyakit ini.

Untuk mengatasi sariawan, Anda bisa memilih menggunakan resep berikut ini.

Resep pertama, siapkan tiga buah tomat yang sudah matang atau sudah masak, dan gula aren secukupnya. Buah tomat diiris-iris, lalu campurkan dengan gula aren. Aduklah sampai rata di dalam gelas, kemudian minumlah pada waktu siang hari. Sedang malam harinya Anda bisa kembali membuat ramuan yang sama untuk diminum sebelum tidur.

Resep kedua, siapkan lima buah jeruk nipis, lalu peraslah untuk diambil airnya. Setelah itu beri gula aren secukupnya dan air panas secukupnya. Aduk-aduklah hingga merata, kemudian minumlah tiga kali sehari selama dua hari berturut-turut. 

Resep ketiga, siapkan lima lembar daun sirih yang sudah agak tua, lalu remas-remaslah dan kemudian diseduh dengan air panas. Biarkan airnya hingga dingin, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari.

Selain itu, penderita sariawan juga dianjurkan untuk makan buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, tomat, pepaya, arbei, atau yang lain.