Pesona Menakjubkan Huangshan Paths, Jalan Setapak di Dinding Gunung


Huangshan adalah pegunungan di Provinsi Anhui, Cina. Seperti umumnya pegunungan, vegetasi di sana cukup lebat, dengan pohon-pohon yang tumbuh besar dan tinggi. 

Di dinding pegunungan itulah sebuah jalan setapak dibuat, menempel pada dinding-dinding pegunungan. Karenanya, melewati jalan setapak tersebut sama artinya berdiri puluhan meter dari atas tanah.

Meski mungkin cukup mengerikan bagi yang takut ketinggian, namun banyak wisatawan yang mendatangi jalan setapak tersebut, demi bisa sampai di puncak. Dari puncak pegunungan, para wisatawan bisa menyaksikan puncak-puncak granit yang berbentuk unik, pohon-pohon pinus, hingga matahari terbenam. 

Karena keindahannya pula, Huangshan sering menjadi objek lukisan dan sastra Cina tradisional, serta fotografi modern. Huangshan juga menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO, dan salah satu tujuan wisata utama di Cina.

Jalan setapak di Pegunungan Huangshan memiliki panjang sampai 50 kilometer, dengan lebar antara 1 sampai 2 meter. Jalur di pegunungan itu merupakan jalan berbatu, meski beberapa bagiannya ada yang dibuat dengan lempengan granit, sementara beberapa bagian lain dipahatkan pada tebing-tebing gunung. 

Di sepanjang jalur tersebut ada beberapa tempat wisata, juga paviliun-paviliun yang menawarkan aneka pemandangan indah bagi para wisatawan yang ingin beristirahat, atau sekadar berlindung saat hujan turun.