Perlu Tahu, Ini 14 Makanan Sehat yang Baik untuk Penderita Diabetes


Berbeda dengan orang sehat, penderita diabetes memiliki banyak pantangan dalam hal makan. Makanan-makanan yang sebenarnya baik jika dikonsumsi orang sehat, bisa jadi akan berdampak buruk jika dikonsumsi penderita diabetes, khususnya makanan-makanan yang mengandung lemak dan manis. 

Karenanya, penderita diabetes pun sangat disarankan untuk menjaga pola makan, dan selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya.

Bagi penderita diabetes, memilih makanan yang tepat akan dapat membantu mengontrol tingkat gula darah. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan, seperti asam oleat. Lemak baik mampu mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu menjaga gula darah stabil dengan mengurangi resistensi insulin.

Gandum utuh 

Gandum utuh adalah makanan yang kaya serat dan nutrisi seperti magnesium, kromium, folat, dan asam lemak omega-3. Studi menunjukkan bahwa pola makan kaya gandum utuh dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Susu bebas lemak dan yoghurt 

Kedua makanan tersebut tidak hanya sarat protein, tetapi juga kaya kalsium, yang membantu dalam penurunan berat badan, serta mengurangi resistensi insulin.

Buncis 

Merupakan sumber serat yang baik dan kaya nutrisi, buncis membantu memperlancar pencernaan dan menjaga tingkat gula darah setelah makan. Studi menunjukkan bahwa makan semangkuk buncis setiap hari bisa membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol gula darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan 

Kacang mengandung lemak baik yang tidak hanya membantu melawan penyakit jantung, namun juga membantu mengurangi resistensi insulin. Kacang juga kaya serat, magnesium, dan vitamin E.

Ikan 

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, makerel, dan ikan hering, mengandung asam lemak omega-3. Ikan-ikan tersebut membantu memperlancar arteri, dan meningkatkan level trigliserida serta HDL pada penderita diabetes. Yang perlu diingat, konsumsilah jenis-jenis ikan tersebut dengan dimasak tanpa digoreng.

Dada ayam 

Dada ayam rendah lemak jenuh dan kalori. Dalam setiap porsi 3 ons dada ayam tanpa kulit terkandung 142 kalori dan 3 gram lemak. Sama seperti jenis ikan di atas, konsumsi dada ayam sebaiknya tidak dalam bentuk gorengan.

Buah beri

Buah-buah beri mengandung antioksidan, vitamin, dan serat. Anthocyanin yang terdapat dalam buah beri telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi risiko penyakit jantung, dan diabetes.

Jeruk 

Merupakan sumber yang kaya vitamin C, jeruk bisa membantu menjaga jantung Anda dalam kondisi baik. Makanlah dalam bentuk buah utuh, bukan jus, karena lebih mampu dalam memperlambat penyerapan gula.

Sayuran berdaun hijau 

Sayuran jenis ini kaya nutrisi, rendah karbohidrat, dan kalori. Studi menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau mampu menurunkan risiko diabetes tipe-2.

Pare

Di balik rasanya yang pahit, pare diketahui ampuh dalam mengatur kadar gula darah. Anda bisa menambahkannya pada menu harian.

Selada

Sayuran berdaun hijau ini memiliki banyak serat dan sedikit kadar gula. Karenanya, selada aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Kembang kol

Selain memiliki banyak serat, kembang kol tidak mengandung kadar gula yang tinggi, hingga Anda tak perlu khawatir mengonsumsinya setiap hari.