Penting! 11 Tips Menghindari Penyalahgunaan Narkoba


Lebih baik mencegah diri, adik, dan putra-putri kita terkena pengaruh narkoba, daripada harus mengobatinya. Karena proses pengobatan dan penyembuhan tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Karenanya, perhatikan 11 tips dan cara menghindari narkoba berikut ini:
  1. Jangan pernah mencobanya, walaupun untuk iseng atau untuk alasan lain, kecuali perintah dokter/alasan medis.
  2. Kuatkan iman, mantapkan pribadi, pakailah rasio (pemikiran, pertimbangan) lebih banyak daripada emosi.
  3. Jangan menghindar dari problem, tetapi hadapi dan atasi persoalan sampai tuntas, bila tak mampu konsultasi pada ahli.
  4. Pilihlah pergaulan yang aman, jangan yang berbahaya/berisiko.
  5. Pilih kegiatan yang sehat, tak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, ikutilah klub olah raga, organisasi sosial, dan semacamnya. Lakukan hobi bersama teman dan keluarga.
  6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran tidak jelas. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama, nonton bersama keluarga.
  7. Selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, bertindak positif, bertanggung jawab, jadilah figur/sosok yang diteladani.
  8. Berusahalah "saling mendengarkan", saling mengingatkan, dan saling memaafkan, agar semakin mendewasakan pribadi masing-masing.
  9. Buatlah keluarga, rumah tangga, menjadi tempat yang paling menyenangkan, paling menenangkan, sehingga membuat betah tinggal bersama layaknya dengan sahabat.
  10. Selalu ingat bahwa ancaman hukuman untuk penyalahguna narkoba, apalagi bagi pengedar narkoba, adalah Lembaga Pemasyarakatan.
  11. Ingat bahwa narkoba akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever, dan sebagainya.