Misteri Gigi Palsu George Washington, Presiden Pertama Amerika


George Washington, presiden pertama Amerika Serikat, diketahui ompong karena tidak memiliki gigi, bahkan sejak muda. Karenanya, dia pun mengenakan seperangkat gigi palsu. 

Terkait gigi palsunya itu, sebagian orang percaya bahwa George Washington mengenakan gigi palsu yang terbuat dari kayu, sementara sebagian lain percaya gigi palsu George Washington terbuat dari emas. Manakah yang benar?

George Washington, sebagaimana masyarakat Amerika abad ke-18 pada umumnya, bermasalah dengan kebersihan mulut. Dia mulai kehilangan gigi sejak usia 20-an.

Sebelum Perang Revolusi, Washington sudah memakai gigi palsu. Bahkan saat dia dilantik sebagai Presiden Amerika pertama pada tahun 1789, gigi Washington yang asli cuma tinggal satu, dan itu pun kemudian dia berikan kepada John Greenwood sebagai kenang-kenangan.

Greenwood inilah dokter yang membuatkan seperangkat gigi palsu untuk sang presiden. Alih-alih membuatnya dari kayu, Greenwood justru memadukan emas, timah, dan gading kuda nil.

Mengutip dari History, di masa lampau banyak sejarawan percaya gigi palsu Washington terbuat dari kayu. Namun, sampai sekarang pun kabar tersebut tak terbukti kebenarannya.

Berdasarkan hasil penelitian teranyar yang dilansir Statnews, malah sejarawan modern percaya di gigi palsu Washington ada emas, timah, dan gading kuda nil, dan juga gigi para budaknya yang rela mendonor setelah dibayar.

Penasaran pada gigi palsu Presiden Amerika pertama ini? Ada beberapa set yang dapat kamu lihat di New York Academy of Medicine, di Museum Mount Vernon, atau di National Museum of Dentistry.