Menyimpan Nilai Sejarah, Inilah 10 Patung Paling Ikonik di Dunia (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Menyimpan Nilai Sejarah, Inilah 10 Patung Paling Ikonik di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. Motherland Calls, Rusia

Motherland Calls, begitulah patung tersebut dinamakan. Motherland Calls adalah patung yang menjadi simbol dari negara Rusia. Patung besar tersebut berada di kota Stalingrad yang kini telah berubah nama menjadi Volgograd. Patung ini pernah dideklarasi sebagai patung terbesar di dunia pada tahun 1967.

Patung yang berbentuk perempuan dengan mengacungkan pedang ke atas ini memiliki tinggi 85 meter. Patung yang pembuatannya cukup rumit ini diciptakan sebagai gambaran atas Perang Stalingrad yang berlangsung selama 200 hari. Patung ini dibuat oleh 2 orang yaitu Yevgeny Vuchetich dan Nikolai Nikitin.

4. Moai, Pulau Paskah

Apakah kalian pernah mendengar sebuah pulau bernama Easter Island? Easter Island atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Pulau Paskah adalah sebuah pulau yang terletak di bagian Selatan dari Samudra Pasifik. Pulau ini masih merupakan bagian dari negara Chili. Di pulau tersebut terdapat bukan hanya satu tapi banyak patung raksasa berbentuk manusia.

Patung yang dinamai Patung Moai tersebut adalah patung raksasa berbentuk manusia yang dibuat pada jaman dahulu oleh orang-orang Rapa Nui. Kira-kira dibuat pada tahun 1250 sampai 1500. Semua Patung Moai memiliki kepala yang besar dan tubuh yang kecil. Patung Moai yang paling tinggi hampir 10 meter dengan berat 75 ton, diberi nama Paro.

3. Sphinx, Mesir

Jika Amerika terkenal dengan Patung Liberty, Mesir terkenal dengan Patung Sphinx. Jadi, membahas negara Mesir sudah pasti harus membahas Sphinx juga. Patung ini sangatlah unik karena bentuknya yang setengah hewan dan setengah manusia. Sphinx menjadi daya tarik Mesir di mata turis selain Piramida.

Sphinx dibuat dari batu gamping, mengambil tubuh singa dan kepala manusia. Duduk dengan gagah di Dataran Tinggi Giza. Sphinx memiliki tinggi 20,22 meter, panjang 73,5 meter, dan lebar 19,3 meter. Patung ini dipercaya merupakan patung kuno yang didirikan oleh bangsa Mesir pada jaman dulu, sekitar 2558 sampai 2532 sebelum Masehi.

2. Christ The Redeemer, Rio de Janeiro

Brazil dikenal sebagai negara sepakbola. Ada banyak pemain sepakbola terkenal lahir di Negeri Samba tersebut. Tapi, kali ini kita bukan membahas sepakbolanya melainkan sebuah patung raksasa yang berdiri dengan megahnya di ibukota Brazil, Rio de Janeiro. Patung tersebut adalah Patung Christ The Redeemer.

Christ The Redeemer adalah sebuah patung Yesus raksasa setinggi 30 meter. Tangannya saja membentang sejauh 28 meter, membuatnya menjadi salah satu patung terbesar di dunia. Lokasi tepat dari Patung Yesus ini berada di puncak Gunung Corcovado setinggi 700 meter. Patung raksasa tersebut menjadi patung ikonik di Brazil yang dibangun antara tahun 1926 sampai 1931.

1. Patung Liberty, New York

Bila menyebut Patung Liberty, orang pasti sudah langsung tahu negara mana yang dimaksud. Ya, Patung Liberty adalah patung ikonik yang berada di Negeri Paman Sam, Amerika. Menyebut Amerika, pasti yang terlintas di kepala adalah patung raksasa Liberty tersebut. Patung perempuan mengangkat obor ini menjadi saksi bisu sejarah Amerika.

Patung Liberty diletakkan di Pulau Liberty yang berada di Manhattan. Patung tersebut adalah patung hadiah dari Perancis, diberikan pada 28 Oktober 1886. Patung Liberty adalah hadiah spesial untuk merayakan 100 tahun deklarasi kemerdekaan Amerika. Patung Liberty digunakan sebagai simbol kebebasan dan selamat datang bagi para imigran.