Menyimpan Nilai Sejarah, Inilah 10 Patung Paling Ikonik di Dunia (Bagian 1)


Patung adalah salah satu karya manusia yang tak lekang zaman. Kreasi ini telah diciptakan manusia sejak ribuan tahun lalu, dan masih dilakukan sampai zaman sekarang, dengan berbagai tujuan dan keperluan. Bentuk patung pun beragam, sesuai tujuan, dan dengan ukuran macam-macam. Ada patung yang ukurannya kecil, ada pula yang bisa dibilang raksasa.

Berikut ini adalah sepuluh patung paling terkenal sekaligus ikonik di dunia, yang menyimpan nilai sejarah.

10. Little Mermaid, Denmark

Denmark adalah negara di Eropa yang menjadi negara favorit untuk dijadikan tempat tinggal. Hampir semua hal dijamin oleh pemerintah Denmark, mulai dari kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Memiliki banyak hal menarik di Denmark, salah satu hal menarik di sana adalah sebuah patung berbentuk putri duyung yang dinamai Little Mermaid.

Little Mermaid ini adalah sebuah patung yang tidak terlalu besar, tingginya hanya 1,25 meter dan terbuat dari perunggu. Patung putri duyung tersebut dibuat berdasarkan sebuah dongeng lama dengan cerita yang sama oleh Hans Christian Andersen. Inilah patung ikonik di Denmark yang menjadi salah satu penarik para turis sejak tahun 1913.

9. Patung David, Florence

Salah satu kota di Italia yaitu Florence, menjadi tempat lahirnya para seniman besar di Itali, salah satu seniman besar asal Itali tersebut adalah Michelangelo. Michelangelo dikenal sebagai salah satu pembuat patung, pelukis, arsitek, dan pembuat puisi yang sangat terkenal. Ada banyak hasil karya Michelangelo yang terkenal, salah satunya adalah Patung David.

Patung David adalah salah satu maha karya dari Michelangelo yang terkenal, terpajang di Accademia Gallery, Florence. Patung David yang dipahat Michelangelo memiliki tinggi 5,17 meter, dibuat dari bahan marmer. Oleh Michelangelo, marmer tersebut dipahat menjadi bentuk seorang pria tanpa busana. Patung tersebut diciptakan oleh Michelangelo sebagai gambaran sosok David dari alkitab.

8. The Thinker, Paris

Francois Auguste Rene Rodin, dikenal dengan nama Auguste Rodin, adalah seorang pembuat patung terkenal asal Perancis. Rodin dikenal sebagai pelopor pembuat patung modern. Selama hidupnya, Rodin ada banyak membuat patung, salah satu karyanya yang terkenal adalah patung yang dinamai The Thinker.

The Thinker merupakan patung yang menggambarkan seorang pria tanpa busana yang sedang duduk di sebuah batu dengan tangan menopang dagu layaknya orang yang tengah berpikir. Patung tersebut sering digunakan sebagai gambaran folosofi. Dibuat dari perunggu, patung setinggi 1,86 meter tersebut diletakkan di Museum Musee Rodin, Paris.

7. Guishan Guanyin, Cina

Dari tadi kita sudah membahas patung yang letaknya jauh-jauh seperti di Denmark, Paris, dan Italia, padahal, di Asia juga ada satu patung raksasa yang menjadi patung kebanggaan dari umat agama Buddha yakni Patung Seribu Tangan Dan Mata Guishan Guanyin. Terletak di kota Hunan, Cina, meripakan salah satu patung tertinggi di dunia.

Patung Seribu Tangan dan Mata Guishan Guanyin setinggi 99 meter ini dibuat dari bahan perunggu. Patung kebanggaan umat Buddha di Cina dan dunia ini dibuat pada tahun 2009. Tidak dibangun sendiri, patung raksasa ini dibangun oleh pemerintah Cina dibantu dengan warga lokal dan organisasi keagamaan. Patung ini dibangun dengan memakan biaya 260 juta yuan.

6. Patung Kepala Olmec, Meksiko

Dari Cina mari sekarang kita bergeser lebih jauh ke Meksiko. Di negeri ini terdapat banyak sekali patung unik yang sangat ikonik. Bagaimana tidak, Meksiko memiliki sekitar 17 patung besar berumur sangat tua yang berbentuk kepala manusia. Ukuran patung kepala tersebut juga sangatlah besar, yan gpaling besar diperkirakan memiliki tinggi 3,4 meter dan yang paling kecilnya setinggi 1,47 meter.

Patung kepala tersebut diketahui bernama Patung Olmec. Adalah patung kuno yang sudah ada sejak jaman peradaban Pra-Colombus. Diperkirakan patung ini dibuat pada tahun 1400 sampai 400 sebelum Masehi. Awalnya hanya ditemukan satu patung kepala Olmec, tapi, setelah dicari lebih mendalam ternyata ada 17 patung lagi yang ada di Tengah kota Meksiko tersebut.

Baca lanjutannya: Menyimpan Nilai Sejarah, Inilah 10 Patung Paling Ikonik di Dunia (Bagian 2)