Memijat Kaki Sebelum Tidur Ternyata Punya Manfaat Tak Terduga


Kaki adalah organ tubuh yang tidak hanya menyangga tubuh kita, namun juga menjadi bagian penting yang memampukan kita bergerak ke sana kemari, pergi ke berbagai tempat, dan lain-lain. Karena tugasnya yang tidak ringan, kaki pun sering kali terasa pegal dan lelah saat malam tiba, saat kita hendak tidur. 

Mengatasi hal semacam itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk memijat kaki satu jam sebelum tidur. Tidak perlu harus meminta tolong orang lain, karena memijat kaki bisa kita lakukan sendiri. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat bagian-bagian kaki yang terasa sakit dan lelah. Minyak kelapa membantu mengendurkan otot-otot di kaki, juga membuat sirkulasi darah lebih baik.

Rutin memijat kaki sebelum tidur tidak hanya mengatasi lelah pada kaki, namun juga membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bahkan, memijat kaki sebelum tidur juga memberi berbagai manfaat kesehatan berikut ini.

Meningkatkan sirkulasi darah

Memijat kaki membantu meningkatkan suplai darah ke kaki, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Memijat kaki juga membantu mengurangi masalah penyakit yang biasa dijumpai pada kaki.

Saraf lebih rileks

Memijat kaki secara teratur sebelum tidur menjadikan sarah-saraf di bagian kaki lebih rileks, dan hal itu membantu menjaga kesehatan kaki secara keseluruhan.

Tekanan darah menurun

Memijat kaki selama 10 menit sebelum tidur berguna untuk meningkatkan suasana hati, menurunkan rasa cemas, sekaligus mengatur tekanan darah agar tetap stabil.

Menghapus asam laktat dalam jaringan otot

Memijat kaki setiap malam selama 20 menit bisa menghilangkan asam laktat dalam jaringan otot, yang disebabkan karena olahraga yang cukup berat.

Meredakan sakit sendi

Memijat kaki sebelum tidur bisa membantu menghilangkan semua jenis nyeri sendi dalam tubuh. Untuk tujuan itu, Anda bisa lebih fokus memijat titik-titik tekanan, seperti tumit.

Menyembuhkan sakit kepala

Memijat kaki sebelum tidur juga bisa membantu meredakan sakit kepala yang muncul pada malam hari. Kaki yang dipijat menjadikan saraf di otak lebih tenang.

Baik untuk wanita hamil

Wanita hamil yang memasuki trimester akhir sangat direkomendasikan untuk melakukan pijat kaki. Kaki yang dipijat akan membantu cairan yang terakumulasi pada kaki yang bengkak untuk kembali ke tempat asalnya, yaitu ginjal.