Kisah dan Kebohongan di Balik Helm Bangsa Viking yang Terkenal


Di antara banyak bangsa yang pernah berkuasa di dunia, Viking adalah salah satunya. Bangsa Viking dikenang sejarah, salah satunya melalui topi atau helm mereka yang berbentuk unik, yaitu memiliki tanduk. Helm bertanduk itu konon digunakan bangsa Viking untuk bertempur melawan musuh. Belakangan terungkap bahwa helm bertanduk itu ternyata cuma kebohongan.

Viking bangsa yang menakutkan, pejuang abad pertengahan, dan penguasa lautan. Mereka berasal dari Eropa Utara, yang berbicara dengan bahasa Norse Tua. Zaman Viking dimulai pada abad ke-8 dan berakhir 300 tahun kemudian.

Sayangnya, hanya sedikit petunjuk ditemukan arkeolog tentang bangsa Viking yang memakai helm bertanduk. Bahkan, hanya ada satu helm yang terbukti berasal dari Zaman Viking, dan itu pun sama sekali tak bertanduk.

Lantas, dari mana helm bertanduk berasal, dan siapa pemakainya? Dikutip dari Ancient Origins, sejumlah helm bertanduk memang berasal dari Eropa Utara, namun itu dipakai oleh bangsa-bangsa yang hidup jauh sebelum Viking berkuasa.

Helm Vesko yang bertanduk, misalnya, ditemukan di Eropa Utara dan sudah ada sejak 600 tahun sebelum Masehi. Itu 1400 tahun sebelum Bangsa Viking melakukan invansi pertama mereka di Eropa.

Identifikasi Viking juga sering keliru. Sebagaimana dijelaskan oleh Ripley, banyak orang tak dapat membedakan bangsa Goth, Visigoth, Alpine Franks, Sis-Alpine Franks, Saxons, Frisian, dan Danes, mereka menyebut semua bangsa itu sebagai Viking. Sehingga semakin kabur deskripsi penampilan Bangsa Viking yang sebenarnya.