Kisah dan Asal Usul Menarik di Balik Nama Negara Finlandia


Masing-masing negara memiliki asal usul nama sendiri yang unik, yang biasanya berakar pada sejarah masing-masing. Namun, hal yang berbeda terjadi di Finlandia.

Ternyata, bukan orang Finladia yang mencetuskan nama 'Finlandia' untuk negara mereka. Nama itu adalah “kekacauan” dari kata bahasa Inggris kuno, yang menggunakan asal kata “finna” ketika merujuk pada orang-orang dari Skandinavia.

Selain teori dari bahasa Inggris kuno, dipercayai juga bahwa asal-usul Finladia adalah kata finloti dan finlandi dari bahasa orang Swedia. Pada abad ke-12, dua kata itu menggambarkan wilayah yang kini jadi bagian selatan dan barat Finlandia.

Terlepas dari dua teori tersebut, orang Finlandia ternyata lebih memilih nama asli negara mereka; Suomi. Karena itu sesuai dengan bahasa lokal mereka. Selain itu, dalam alfabet asli orang Suomi, tak ada kata yang mengandung huruf 'F'.

Suomi juga punya kesan dan hubungan lebih pas ketimbang Finlandia, bila dihubungkan dengan keberadaan Sami. Sami merupakan suku tradisional di sana, yang dikenal sebagai pengembara rusa kutub.

Kamu tak perlu khawatir jika nanti berkunjung atau bertemu orang Suomi, dan menyebut negara mereka Finlandia, karena kata itu tetap diterima. Mereka tak akan marah, setidaknya tak akan seperti orang-orang Turki yang dikabarkan berang jika negaranya disebut Turkey (dalam bahasa Inggris berarti kalkun), dan bukan Turkiye.