Juara Memori di AS Ungkap Cara Memiliki Daya Ingat Kuat


Keterampilan memori dapat berkurang seiring waktu. Namun jangan khawatir, ada cara untuk meningkatkan daya ingat Anda. 

"Saya tidak percaya ada batasan untuk kapasitas penyimpanan memori manusia," ujar juara memori AS yang dikenal sebagai "The International Man of Memory", Chester Santos.

Dia mengatakan, jika ada batasan, mereka tidak mungkin menemukannya dalam waktu dekat. Dia menggunakan contoh telepon seluler yang memungkinkan mereka tidak perlu lagi mengingat nomor kontak tertentu karena telah menyimpannya. 

Sekali waktu, Anda semua akan mengingat beberapa orang terpilih. "Ini adalah contoh yang baik dari prinsip gunakan atau hilangkan yang berlaku untuk memori," katanya.

Dia tidak percaya ingatan yang hilang adalah tentang usia, tapi lebih tentang berapa lama Anda telah pergi tanpa benar-benar menggunakan banyak ingatan. Pada masa-masa sekolah misalnya, Anda terus-menerus menggunakan ingatan untuk mempelajari hal-hal baru. Juga, Anda harus belajar banyak hal baru saat pertama kali memulai pekerjaan baru.

Tapi kemudian Anda cenderung memasuki periode waktu di mana semuanya menjadi rutinitas, dan pada dasarnya Anda melakukan jenis hal yang sama berulang-ulang dan tidak menggunakan banyak memori Anda karena ketergantungan digital.

Pikirkan tentang seberapa banyak Anda terlibat dalam tugas belajar dan memori hingga usia 22 tahun dibandingkan dengan seberapa banyak Anda melakukannya pada usia 42 tahun. Seberapa terstimulasinya otak Anda dengan hal-hal baru dan menarik hingga usia 22 tahun dibandingkan dengan usia 42 tahun?

"Saya pikir dekade-dekade pembelajaran dan memori yang kurang dan stimulasi otak yang kurang secara keseluruhan, merupakan faktor besar dalam penurunan memori seiring bertambahnya usia," jelasnya. Bagian dari meningkatkan memori Anda adalah tentang menggunakannya secara lebih proaktif.