Inilah Soal Matematika Paling Membingungkan di Dunia, Ada yang Bisa Jawab?


Sudah bukan rahasia lagi kalau matematika sering menjadi pelajaran yang tidak disukai anak-anak sekolah, karena dinilai sulit dan penuh perhitungan yang membingungkan. Saat masih awal sekolah, misal kelas satu atau dua SD, soal matematika mungkin belum terlalu rumit. Paling hanya satu ditambah satu, atau lima dikali dua, dan seterusnya.

Tetapi, makin tinggi tingkat pendidikan, soal matematika semakin sulit dan semakin rumit, hingga banyak anak sekolah yang mulai jenuh. Meski begitu, sesulit-sulitnya pelajaran matematika yang pernah kita alami, mungkin “belum ada apa-apanya” dibandingkan dengan soal matematika yang harus dihadapi anak-anak kelas 5 SD di China.

Dilansir Science Alert, sebuah soal matematika untuk anak kelas 5 di Sekolah Dasar Nanchong Shunqing, di barat daya China, menjadi perbincangan di media sosial China, Weibo, karena tingkat kesulitannya yang tampak “tak masuk akal”. 

Pada lembar soal ujian untuk anak-anak kelas 5 SD di sana, tertulis soal nomor 6 yang berbunyi, “Jika sebuah kapal mengangkut 26 domba dan 10 kambing, berapa usia kapten kapal tersebut?”

Ya, kamu tidak salah membaca. Memang begitulah bunyi soal tersebut. 

Mungkin yang muncul dalam pikiranmu setelah pertama kali membaca soal ini adalah ia tidak memiliki jawaban atau tidak ada satu pun orang yang  bisa menjawabnya. Mungkin ada juga di antara kamu yang berpikir bahwa soal ini tidak bisa dijawab dengan ilmu matematika, melainkan ilmu metafisika. 

Bagaimana pun sulitnya soal itu, murid-murid kelas 5 di SD tersebut tetap berusaha keras menjawabnya. Jawaban mereka beragam. 

“Kapten itu setidaknya sudah berusia 18 tahun, sebab itu usia miminum yang diizinkan oleh hukum untuk mengoperasikan kapal,” kata salah satu siswa.

“Kamu tidak bisa memastikan usia kapten itu,” kata siswa lainnya. “Jumlah domba dan kambing tidak relevan dengan usia si kapten.”

“Usia kapten itu 36 tahun,” kata murid lainnya lagi. “Dia agak narsis, sehingga jumlah hewan-hewan itu sesuai dengan usianya.”

Beberapa siswa lainnya menyerah untuk menjawab soal tersebut. Mereka menganggap sia-sia saja berusaha untuk menjawabnya.

“Usia kapten itu adalah… Saya tidak tahu,” tulis salah satu siswa. “Saya tidak bisa menyelesaikan soal ini.”

Di Weibo, soal matematika ini menjadi viral dan salah satu orang menulis komentar, “Pertanyaan ini tidak masuk akal sama sekali. Apakah guru itu sendiri mengetahui jawabannya?”

Tak hanya menyangsikan kemampuan sang guru yang memberikan soal matematika, ada juga warganet yang membuat lelucon dari soal ini. 

“Jika sebuah sekolah memiliki 26 guru, 10 di antara mereka tidak berpikir, berapa usia kepala sekolahnya?” komentar salah satu warganet.

Untuk merespons komentar para pengkritik di media sosial China itu, Departemen Pendidikan Distrik Shunqing telah merilis pernyataan tertulis untuk mempertahankan keberadaan soal tersebut. Mereka menjelaskan, ujian tersebut didesain untuk menguji daya kritis para siswa, kapasitas mereka dalam mengajukan pertanyaan, serta kemampuan mereka untuk berpikir secara mandiri dalam menghadapi persoalan matematika. 

Selain itu, menurut mereka, soal ini memang seperti sebuah kapal “yang memungkinkan para murid untuk melewati batas-batas dan berpikir secara ‘out of the box’.”

“Beberapa survei menunjukkan bahwa siswa-siswi sekolah dasar di negara kita kurang memiliki daya kritis dalam bidang matematika,” tulis para pendidik dalam pernyataan tersebut. 

Mereka tidak mempermasalahkan apa pun jawaban yang dihasilkan oleh para murid kelas 5 SD itu. “Setiap jawaban mencerminkan kepribadian yang berbeda. Pertanyaan yang dapat menghasilkan jawaban-jawaban yang berbeda adalah sebuah pertanyaan yang bagus.”

Kembali pada Weibo, di media sosial tersebut ternyata ada seorang komentator yang berhasil menjawab soal matematika itu secara mengagumkan. Dengan daya kritis dan kreativitasnya, ia menuliskan jawaban dari soal matematika tersebut dengan penjabaran perhitungan yang masuk akal.

“Total berat dari 26 domba dan 10 kambing adalah 7.700 kilogram, berdasarkan berat rata-rata dari masing-masing hewan itu,” tulis orang tersebut.

“Di China, jika kamu mengemudikan sebuah kapal yang memiliki beban kargo lebih dari 5.000 kilogram, kamu harus lebih dulu telah memiliki surat izin mengemudi (SIM) kapal selama lima tahun. Usia minimum untuk memiliki SIM kapal adalah 23 tahun, jadi sekurang-kurangnya usia dia (kapten kapal itu) adalah 28 tahun.”

Jadi, apakah menurutmu soal matematika ini masih tampak “mustahil” untuk dijawab?