Honda U-GO Seharga Rp 16 Juta Bisa Bersaing di Pasar Motor Listrik Indonesia


Motor listrik Honda U-GO dikabarkan telah terdaftar di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham Indonesia. Hal ini pun bisa membuat skuter listrik ini bakal dipasarkan di pasar Tanah Air.

Honda U-GO dilaporkan telah menerima perlindungan hukum dari Kemenkumham RI pada Agustus 2021. Honda Motor Co scara langsung mendaftarkan gambar paten motor listrik itu dengan nomor registrasi A00202102364.

Namun sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut soal kapan Honda U-GO bakal dipasarkan di Indonesia. Apabila skuter listrik ini benar-benar akan dihadirkan di Tanah Air, maka kehadirannya bisa mempercepat Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB).

Saat ini motor listrik Honda U-GO masih dipasarkan di Cina dengan harga sebesar 7.499 yuan atau setara Rp 16,7 juta. Harga tersebut bisa dikatakan cukup terjangkau untuk ukuran kendaraan listrik.

Honda U-GO ini hadir dalam model tertinggi yang menggunakan motor hub 1,2 kW yang menghasilkan tenaga maksimal 1,8 kW atau sekitar 2,4 hp. Kecepatan tertingginya mencapai 53 km/jam.

Skuter listrik varian terendah diketahui menggunakan motor listrik 800 W dengan daya puncak 1,2 kW atau sekitar 1,6 hp. Secara performa, mesin mampu membuat skuter listrik ini melesat dengan kecepatan maksimal 43 km/jam.

Kedua model ini ditenagai baterai lithium-ion 48V dan 30Ah dengan kapasitas 1,44 kWh. Baterai ini mampu menempuh jarak 65 km dan dapat ditingkatkan hingga 130 km dengan penambahan baterai kedua.