Film-film Bagus yang Berkisah Tentang Aksi Perampokan (Bagian 3)


Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (Film-film Bagus yang Berkisah Tentang Aksi Perampokan - Bagian 2). Untuk mendapatkan daftar yang lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

18. Die Hard (1988)

Polisi NYPD bernama John McClane sedang liburan Natal untuk mengunjungi istrinya, Holly, di Los Angeles, dimana ia bekerja untuk sebuah perusahaan bernama Nakatomi Corporation. 

Ketika mereka sedang berada di Nakatomi untuk merayakan pesta Natal, sekelompok perampok bank yang dipimpin oleh Hans Gruber membajak dan mengambil alih bangunan tersebut dan menahan semua sandera, kecuali John. Para perampok itu berencana melakukan pencurian besar-besaran di gedung tersebut.

Karena tidak dapat melarikan diri dari gedung tersebut, dan polisi juga tidak kunjung datang untuk menolong, John harus mengambil tindakan untuk menangani masalah ini dengan caranya sendiri.

19. The Lookout (2007)

Chris adalah pemain hoki SMA yang jago, dan tampaknya punya masa depan yang cerah. Suatu malam, dia mengalami kecelakaan mobil karena kecerobohannya. Akibatnya, otak Chris harus dioperasi, dan karena itu dia sering mengalami hilang ingatan. 

Chris selalu mencatat semua kegiatannya dalam sebuah catatan kecil, untuk membantunya mengingat kegiatan sehari-hari. Dengan kondisi yang seperti itu, Chris sulit untuk mendapatkan pekerjaan, dan akhirnya bekerja sebagai tukang bersih-bersih di sebuah bank.

Saat itulah Chris bertemu sekelompok geng yang berencana merampok bank. Pemimpin kelompok itu bernama Gary, yang mulai berteman dekat dengan Chris. Chris juga berhubungan dengan seorang wanita cantik yang membujuknya untuk ikut rencana perampokan. Berbekal masa lalu yang kelam dan penyesalannya, Chris memutuskan untuk ikut beraksi dalam perampokan tersebut. 

20. Public Enemies (2009)

Bercerita tentang perampok bank terkenal bernama John Dillinger (Johnny Depp) yang sempat menghebohkan Amerika, dan menjadi buronan paling dicari di Amerika. Dia sangat menyukai apa yang dia lakukan, yaitu merampok bank. 

John tinggal di Chicago pada tahun 1930-an, dan menguasai kota dengan menyebarkan rasa takut pada masyarakat serta pihak berwenang. Di sanalah John bertemu Billie Frechette yang sangat dicintainya. Ia juga bertemu seorang agen FBI bernama Melvin Purvis (Christian Bale), yang akan melacak keberadaan John.

Purvis menyadari, jika ingin menangkap Dillinger, dia harus menggunakan taktik jalanan dan menggunakan pria yang tepat untuk dilatih. Dillinger akhirnya dikhianati oleh seorang kenalannya yang memberitahu pihak berwajib pada suatu malam. 

21. The Usual Suspects (1995)

Setelah kejadian pembajakan truk di New York, lima orang penjahat ditangkap dan dibawa untuk diinterogasi. Karena tidak ada satu pun dari mereka yang bersalah, mereka merencanakan balas dendam terhadap polisi. 

Operasi berjalan dengan baik, tapi kemudian semuanya berubah saat seorang penjahat legendaris bernama Keyser Söze mempengaruhi mereka. Ternyata, masing-masing dari kelima penjahat tadi telah melukai hati Söze, dan sekarang mereka harus membayar akibatnya. 

Akibat pembalasan dendam Söze, 27 orang tewas dalam sebuah ledakan kapal, tapi sekarang muncul pertanyaan selanjutnya: Siapa sebenarnya Keyser Söze?

22. Dog Day Afternoon (1975)

Berdasarkan kisah nyata yang terjadi di awal tahun 70-an, ketika Chase Manhattan Bank di Gravesend, Brooklyn, dikepung perampok yang bertekad mencuri uang untuk kekasih yang ingin menjalani operasi ganti kelamin. 

Pada suatu sore di musim panas, Chase Manhattan Bank di Brooklyn dirampok oleh Sonny dan Sal. Meskipun manajer bank dan teller setuju untuk tidak mengganggu perampokan tersebut, Sonny menyadari bahwa sebenarnya tidak banyak yang bisa dicuri, karena sebagian besar uang tunai telah diambil pada hari itu.

Sonny kemudian mendapat telepon tak terduga dari Kapten Polisi Moretti, yang mengatakan kepadanya bahwa tempat itu telah dikelilingi oleh polisi. Karena sudah terdesak, Sonny gugup dan ketakutan. Ia memutuskan untuk mengadakan negosiasi dengan Moretti, menuntut pengawalan yang aman ke bandara, dan sebuah pesawat ke luar negeri sebagai ganti keselamatan karyawan bank. Apakah dia akan berhasil?

23. Triple 9 (2016)

Sekelompok penjahat dan sekelompok polisi yang korup merencanakan pembunuhan terhadap seorang petugas polisi, agar bisa melakukan pencurian terbesar di seluruh kota. 

Kelompok polisi tersebut diancam dan dipaksa oleh segerombolan orang Rusia agar mau melaksanakan perampokan yang hampir mustahil untuk dilakukan. Satu-satunya cara untuk menyelesaikan misi tersebut adalah dengan memakai kode 999, kode polisi untuk memberitahu adanya "petugas yang tumbang".

Rencana mereka kacau balau saat polisi yang akan dibunuh malah memicu sebuah bentrokan penuh aksi, keserakahan, dan balas dendam. 

24. Tower Heist (2011)

Josh Kovaks adalah manajer di perusahaan besar di kota New York. Dia tak pernah menyangka bahwa bosnya ternyata mengadakan investasi bodong yang menyebabkan banyak orang dirugikan. Sekarang bosnya ditangkap dan sedang diselidiki oleh FBI. 

Kerja keras Josh dan teman-temannya sekarang sia-sia, dan salah satu teman baik Josh hampir bunuh diri karena telah memberikan seluruh uangnya untuk investasi. Josh menjadi sangat kesal dengan bosnya, dan berniat untuk balas dendam.

Ketika Josh mendengar rumor bahwa bosnya menyimpan uang sebesar 20 juta dollar sebagai uang pensiun, Josh berpikir dia tahu tempat uang itu berada. Akhirnya, Josh bersama teman-temannya yang telah dipecat berniat merampok uang tersebut. 

Masalahnya adalah, Josh dan teman-temannya hanya orang-orang biasa yang takut melakukan kejahatan. Akhirnya, mereka memutuskan untuk meminta bantuan seorang pencuri andal bernama Slide untuk melatih mereka, merampok gedung dengan tingkat keamanan tinggi. Apakah Josh akan berhasil?

25. Flypaper (2011)

Tripp (Patrick Dempsey) berjalan masuk ke dalam sebuah bank untuk melakukan penukaran uang. Namun, tiba-tiba ada sekelompok penjahat yang ingin merampok bank tempat dia berada. 

Tripp dan beberapa orang lain dijadikan sandera. Saat itulah dia mulai mencoba untuk memecahkan misteri yang ada di sana. Dengan gaya ala Sherlock Holmes, Tripp tidak hanya berusaha mengungkap misteri yang ada, namun juga berniat memenangkan hati seorang gadis yang bekerja sebagai teller di bank tersebut.

Tetapi semuanya tidak semudah itu, karena ada berbagai kejadian tak terduga yang kocak dan lucu.