Film-film Bagus Tentang Pesulap dan Aksi Sulap yang Memukau (Bagian 1)


Siapa yang tak tertarik pada sulap? Permainan atau atraksi sulap selalu membuat orang takjub, terpukau, bahkan membuat penontonnya bertanya-tanya, “Bagaimana sulap semacam itu dilakukan?”

Sulap adalah permainan yang sangat terkenal dan telah berumur tua di dunia. Sepanjang sejarahnya, sulap telah melahirkan sosok-sosok hebat yang kini menjadi legenda, salah satunya Harry Houdini. Di zaman dulu maupun di zaman sekarang, sulap tetap permainan sekaligus atraksi yang digemari banyak orang.

Karena popularitas sulap pula, banyak film yang secara khusus mengisahkan tentang sulap atau para pesulap. Jika sulap di dunia nyata sudah memukau, sulap di dalam film jauh lebih memukau. Berikut ini adalah daftar film bagus yang berkisah tentang atraksi sulap dan kehidupan para pesulap.

1. The Prestige (2006)

Pada akhir abad ke-19, di London, Robert Angier (Hugh Jackman), Julia McCullough (Piper Perabo), dan Alfred Borden (Christian Bale), adalah teman baik dan menjadi rekan kerja sebagai para pemain sulap. Julia adalah istri Robert.

Suatu ketika, Julia meninggal akibat kecelakaan saat menampilkan sebuah pertunjukan sulap. Robert menyalahkan Alfred atas kematian istrinya, dan mereka pun bermusuhan. Keduanya menjadi pesulap terkenal, dan saingan hebat. Mereka saling menyabotase aksi dan perfoma yang lain di atas panggung. 

Ketika Alfred menemukan trik sulap yang sangat hebat dan sukses, Robert jadi terobsesi untuk mencoba mengungkap dan meniru rahasia pesaingnya. Namun Robert takkan pernah bisa menandingi dan menyamai kemampuan Alfred. Kecuali jika ia mau mempertaruhkan segalanya dengan konsekuensi tragis.

2. Now You See Me (2013)

Empat pesulap terhebat dikumpulkan dari berbagai tempat, untuk membentuk tim sulap besar bernama The Four Horsemen. Satu tahun kemudian, mereka muncul di panggung Las Vegas, dan menghebohkan seluruh dunia dengan aksi mereka yang berhasil merampok bank dari atas panggung, dan membagikan seluruh uangnya ke para penonton dari atas panggung. 

Hal itu membuat agen FBI bernama Dylan Rhodes dan agen Interpol bernama Alma Dray harus bekerja sama untuk mengungkap bagaimana cara mereka melakukan perampokan itu. 

Namun, misteri ini sangat susah diselesaikan, bahkan dengan bantuan seorang pembongkar rahasia sulap andal bernama Thaddeus Bradley. Dimulailah penyelidikan dan petualangan mereka, yang diwarnai berbagai ilusi, kejar-kejaran, dan aksi sulap memukau untuk sebuah tujuan. 

3. Now You See Me 2 (2016)

Satu tahun setelah mengecoh FBI dengan aksi ala Robin Hood, The Four Horsemen kembali muncul untuk menampilkan aksi brilian mereka di atas panggung, dengan harapan bisa mengungkap berbagai praktik kejahatan seorang tokoh teknologi. Pria incaran mereka adalah Walter Mabry, seorang genius pencipta berbagai teknologi canggih.

Aksi memukau The Four Horsemen yang tampak sempurna dan bagus, ternyata malah gagal, dan mereka semua dipermalukan di depan umum. Kini, keempat pesulap andal itu diancam oleh Walter untuk melakukan aksi sulap paling mustahil dan belum pernah ada sebelumnya. 

Ini adalah kesempatan dan harapan terakhir bagi The Four Horsemen, untuk membersihkan nama mereka, dan mengungkap dalang di balik semuanya.

4. The Illusionist (2006)

Saat masih kecil, Eisenheim (Edward Norton) bertemu seorang pesulap yang menunjukkan sebuah trik mengagumkan. Dari situ, Eisenheim sangat tertarik dan mulai belajar sulap. Ia jadi sangat pintar memainkan sulap, dan menarik perhatian seorang gadis bernama Sophie. 

Seiring berjalannya waktu, Eisenheim dan Sophie saling jatuh cinta, namun status sosial menciptakan jarak di antara mereka. Sophie berasal dari keluarga kerajaan, sedangkan Eisenheim hanya rakyat biasa.

Saat Eisenheim telah tumbuh menjadi pria dewasa, ia menjadi pesulap andal dan berhasil memainkan berbagai aksi sulap yang memukau. Suatu ketika, tak disengaja Eisenheim bertemu teman masa kecilnya, sekaligus gadis yang ia cintai, yaitu Sophie. 

Eisenheim memutuskan untuk menggunakan trik sulap miliknya, demi mengelabui keluarga kerajaan, kabur bersama wanita yang ia cintai, dan hidup bersama Sophie selama-lamanya.

5. The Incredible Burt Wonderstone (2013)

Burt Wonderstone (Steve Carell) adalah pesulap terkenal yang selalu bermain sulap bersama sahabatnya, bernama Anton Marvelton. Karier sulap mereka mengalami masalah, saat seorang pesulap jalanan bernama Steve Gray (Jim Carrey) mengambil penonton mereka. 

Steve Gray adalah pesulap yang keras. Ia suka bermain sulap yang sadis, yaitu menyiksa diri sendiri. Karena aksinya yang bikin merinding, banyak orang suka dengan aksi Steve Gray.

Burt dan Anton memutuskan untuk meniru aksi Steve, tapi mereka gagal, dan persahabatan Burt dan Anton bermasalah. Karier mereka hancur, Burt dan Anton akhirnya berpisah, dan kini Burt harus menjadi penghibur di panti jompo. Tak disangka, disana Burt bertemu seorang pesulap legendaris yang telah lama pensiun. Dari situ, Burt mulai belajar arti sulap yang sebenarnya.

6. Red Light (2012)

Film ini bercerita tentang seorang psikolog skeptis bernama Dr. Margaret Matheson dan asistennya, Tom Buckley, yang merupakan seorang fisikawan. Mereka suka mempelajari aktivitas dan berbagai fenomena paranormal yang tidak benar atau penipuan. Suatu ketika, ada seorang pesulap terkenal bernama Simon Silver yang muncul kembali setelah pensiun bertahun-tahun.

Anehnya, Silver muncul setelah kritikus terbesarnya meninggal secara misterius. Tom menjadi sangat terobsesi untuk mengungkap dan menentukan, apakah Silver benar-benar melakukan sihir, atau sekadar penipuan?

7. The Great Buck Howard (2008)

Seorang pemuda bernama Troy Gable sangat kecewa dengan ayahnya. Ketika dia drop out dari sekolah hukum, Gable melihat sebuah iklan dan memutuskan untuk menjadi seorang asisten pribadi untuk seorang pesulap bernama Buck Howard. 

Gable secara tidak sengaja menandatangani sebuah kontrak yang menyatakan bahwa dirinya setuju untuk menjadi pendamping seorang pesulap bermasalah, yang sedang berjuang untuk menghidupkan kembali kariernya. Semua itu lalu membawa Gable menuju perjalanan ke seluruh penjuru negeri, untuk menggelar aksi comeback paling menakjubkan.

Lihat lanjutannya: Film-film Bagus Tentang Pesulap dan Aksi Sulap yang Memukau (Bagian 2)