Dari Lebanon sampai Argentina, Inilah 10 Air Terjun Terindah di Dunia (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Dari Lebanon sampai Argentina, Inilah 10 Air Terjun Terindah di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. Yosemite Falls, Amerika

Selain Air Terjun Niagara yang terletak di perbatasan antara Kanada dan Amerika, Amerika masih memiliki satu lagi air terjun yang indah yang bernama Air Terjun Yosemite. Air terjun ini dianggap sebagai air terjun paling tinggi di wilayah Amerika Utara dengan ketinggian yang mencapai 739 meter.

Air terjun yang terletak di kota Sierra, Nevada ini memilik aliran air yang cukup deras. Air yang dihasilkan oleh Air Terjun Yosemite bersumber dari lelehan salju. Jadi, jika jumlah salju tidak terlalu banyak, aliran air di Air Terjun Yosemite juga ikut terpengaruh. Musim semi adalah waktu yang paling tepat untuk menyaksikan Air Terjun Yosemite.

4. Kaieteur Falls, Guyana

Mungkin banyak di antara kalian yang masih asing atau jarang mendengar nama Guyana. Guyana adalah sebuah negara kecil yang berada di Amerika Selatan, berada di antara Suriname dan Venezuela. Alasan kenapa negara kecil ini masuk ke dalam daftar tentunya karena negara ini memiliki sebuah air terjun yang sangat indah yaitu Kaieteur Falls.

Air Terjun Kaieteur memiliki ketinggian 226 meter. Cukup tinggi memang, namun ada satu kelebihan lagi dari air terjun ini yaitu, air terjun ini memiliki volume air dan aliran yang sangat deras. Air Terjun Kaieteur memiliki laju air rata-rata 66k kubic meter per detik. Air terjun ini memiliki 2 kali lipat ketinggian dari Air Terjun Niagara yang terkenal.

3. Angel Falls, Venezuela

Dengan ketinggian yang mencapai 979 meter, Air Terjun Angel termasuk dalam salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air terjun ini dinamakan Angel bukan berarti malaikat, melainkan karena air terjun ini ditemukan oleh pilot asal Amerika bernama Jimmie Angel. Air yang jatuh dari Angel Falls jatuh tepat di tepi Gunung Auyan-tepui.

Oleh UNESCO, Air Terjun Angel termasuk dalam situs alam yang dilindungi. Air terjun ini berada di dalam Canaima National Park, Venezuela. Canaima National Park adalah taman nasional di Venezuela yang memilik luas sekitar 30.000 km2. Aliran air yang jatuh dari Air Terjun Victoria mengalir melalui Sungai Churun dan Sungai Carrao.

2. Iguazu Falls, Argentina

Di urutan kedua air terjun terindah di dunia ditempati oleh Air Terjun Iguazu. Air terjun indah ini berada di perbatasan antara 2 negara yang tekenal akan sepakbolanya yaitu Brazil dan Argentina. Air Terjun Iguazu memiliki tinggi kira-kira 87 meter. Tidak terlalu tinggi memang, tapi air terjun ini memiliki beberapa riam kecil yang membentuk kaki kuda.

Air Terjun Iguazu membelah Sungai Iguazu menjadi 2 bagian. Bagian pertama mengalir di dekat kota Curitiba. Bagian yang lain mengalir melalui Brazil dan Argentina. Air terjun yang berfungsi sebagai pemisah antara Brazil dan Argentina ini berasal dari bahasa Tupi atau Guarani. I berarti air dan uasu berarti besar.

1. Sutherland Falls, New Zealand

Dari sekian banyak air terjun indah yang ada di dunia, tidak semuanya yang sanggup mengalahkan indahnya Air Terjun Sutherland. Air Terjun Sutherland berada di Taman Nasional Fiordland, New Zealand. Merupakan sebuah daerah di bagian Barat Daya New Zealand yang terkenal akan pemandangannya yang menakjubkan.

Air Terjun Sutherland memberikan pemandangan luar biasa yang akan selalu membekas di hati orang yang datang kesana. Membuat mereka selalu ingin datang kembali ke New Zealand. Dengan ketinggian yang mencapai 580 meter, Air Terjun Sutherland termasuk dalam salah satu air terjun tinggi yang ada di dunia. Ditemukan oleh Donald Sutherland pada tahun 1880.