Cara Membuat Cokelat Leleh yang Mengilap, untuk Bikin Biskuit Berlapis


Ada cara membuat cokelat leleh yang mudah dan hasil mengilap. Kamu bisa menggunakan panci dan kompor biasa untuk proses melelehkan cokelat yang sederhana. 

Nantinya, cokelat leleh bisa kamu gunakan sebagai cocolan, pelapis, atau isi biskuit. Cocok untuk sajian camilan di akhir pekan bersama keluarga. 

Berikut cara membuat cokelat leleh yang mudah, melansir dari buku “Resep Kue Favorit ala Cafe All About Cokelat” oleh Ide Masak. 

Iris cokelat 

Siapkan cokelat batang yang akan dilelehkan. Iris cokelat menjadi potongan kecil. Masukkan irisan cokelat ke dalam mangkuk tahan panas. 

Panaskan panci 

Siapkan panci dan isi dengan air setinggi dua setengah sentimeter di atas api kecil. Panaskan dan pastikan untuk tidak sampai mendidih.

Atur posisi mangkuk 

Kalau air dalam panci sudah dipanaskan, atur posisi mangkuk tahan panas di atas mulut panci. Kamu bisa menumpangkannya di atas panci, dan pastikan air tidak menyentuh dasar mangkuk berisi irisan cokelat. 

Aduk cokelat hingga leleh 

Aduk-aduk cokelat hingga leleh dan melunak. Kalau ada potongan cokelat kecil yang masih belum meleleh, angkat mangkuk dari panci. Sisa panas dari cokelat akan melelehkan sisi cokelat yang belum leleh. 

Biarkan cokelat hingga agak dingin 

Setelah cokelat sudah meleleh, angkat mangkuk. Setelah itu, biarkan cokelat agak dingin sebelum digunakan.