Berbahan Bulu Merak, Inilah Baju Pengantin Paling Mahal di Dunia


Mungkin karena acara perkawinan hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup, maka rancangan atau desain baju pengantin pun biasanya diusahakan sehebat atau semewah mungkin. Karenanya, tidak jarang harga baju pengantin sangat mahal, hingga nilainya mencapai milyaran rupiah.

Salah satu baju pengantin yang mahal semacam itu ada di Cina. Baju pengantin untuk mempelai wanita ini bisa dibilang sebagai baju pengantin paling aneh dan paling unik sedunia, karena dibuat dengan menggunakan bulu merak!

Selain menggunakan bahan berupa bulu merak, baju pengantin itu juga menggunakan bahan brokat, dan dihiasi dengan bordiran Suzhou.

Baju ini dibuat di sebuah pabrik baju di Najing, Provinsi Jiangsu, bagian timur Cina. Untuk menciptakan kreasi yang luar biasa ini, dibutuhkan 8 orang pekerja dan waktu 40 hari untuk membuatnya. Karena beratnya proses pembuatannya, dan karena bahan pembuatannya termasuk sangat langka, maka baju pengantin ini pun memiliki harga yang sangat mahal, yaitu 1,5 juta dolar, atau sekitar 16.400.000.000.

Lalu dari mana bulu-bulu merak itu didapatkan? 

Secara rata-rata, seekor burung merak jantan akan menjatuhkan atau merontokkan 200 bulu dari tubuhnya selama masa moult (waktu sebelum musim kawin) dalam setahunnya. 

Pembuatan baju pengantin di atas itu membutuhkan sekitar 10 ekor burung merak jantan yang sama-sama merontokkan bulu-bulunya dalam setahun. Bulu burung merak jantan sendiri tumbuh beberapa kaki panjangnya, tetapi akan rontok setiap tahun, tepat sebelum musim kawin.

Sekadar catatan, meski bulu merak terlihat indah, tetapi ada sebagian negara atau kebudayaan yang justru menganggap bulu merak sebagai “pertanda buruk”, meski mereka menganggap burung merak hidup sebagai pembawa keberuntungan. 

Menurut kepercayaan pula, jika seseorang membawa masuk bulu burung merak ke dalam rumah dapat mengundang masalah atau kesedihan.