Asal Usul Stasiun HBO, Penayang Acara Televisi Tanpa Henti 24 Jam Tiap Hari


Jika ada stasiun televisi yang menayangkan siaran dan acara televisi tanpa henti setiap hari, maka HBO jawabannya. Selain tayang di Amerika Serikat, acara-acara televisi produksi HBO juga dapat dinikmati di berbagai negara di dunia.

HBO (Home Box Office) adalah stasiun televisi Amerika Serikat yang dimiliki oleh Time Warner. Programnya ditayangkan 24 jam sehari kepada lebih dari 40 juta pelanggan, tanpa selingan iklan. Selain itu, berbagai produknya juga dipasarkan ke lebih dari 150 negara.

Pada 1965, Charles Dolan mendapat izin untuk mendirikan sistem televisi kabel di Manhattan. Sistem ini dinamai Sterling Manhattan Cable, dan dengan dukungan Time Life, Inc. meluncurkan Green Channel yang kemudian diubah namanya menjadi Home Box Office pada 8 November 1972. 

Tayangan perdana HBO adalah pertandingan langsung antara New York Rangers dan Vancouver Canucks, dilanjutkan dengan film Sometimes a Great Nation.

Pada 28 Desember 1981, HBO mulai menayangkan acara televisi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pada 1983, mereka mulai memproduksi film sendiri dengan judul The Terry Fox Story. Saat ini, berbagai film seri produksi HBO ditayangkan oleh stasiun televisi non-kabel di luar AS, misalnya Sex and the City, The Sopranos, dan Six Feet Under.