Apakah Semua Orang Bisa Jenius? Ini Penjelasannya


Genius (ejaan tidak baku: jenius) adalah istilah untuk menyebut seseorang dengan kapasitas kecerdasan di atas rata-rata di bidang intelektual, terutama yang ditunjukkan dalam hasil kerja yang kreatif dan orisinal. Seseorang dapat menyandang predikat genius apabila memiliki IQ (intellegence quotient) di atas 140.

Siapa pun pasti ingin punya otak jenius. Tapi masalahnya, untuk menjadi jenius bukanlah hal mudah. Namun mengira otak jenius dengan IQ yang tinggi adalah bawaan lahir juga anggapan yang salah.

Orang-orang yang jenius hanya berhasil menggunakan kemampuan otaknya lebih dari orang-orang biasa. Sebenarnya semua orang pun bisa mengembangkan kemampuan berpikir seperti otak mereka. Kuncinya hanya dibutuhkan kemauan dan kerja keras.

Bill Gates, pemilik perusahaan Microsoft yang juga merupakan 1 di antara para jenius, mengatakan bahwa 99% yang menciptakan kejeniusan adalah kerja keras. Jenius bagi Bill Gates maksudnya bukan seseorang yang memiliki IQ jauh di atas rata-rata, tetapi expert atau ahli di bidangnya.

Bagi mereka, para jenius, hanya ada 3 kunci untuk kegeniusan mereka, kita pun bisa menjadi bagian dari mereka, dengan kunci kemauan dan kerja keras.

Intinya, semua butuh kerja keras dan kemauan yang kuat, karena jenius tidak akan mungkin datang dengan sendirinya tanpa ada hal yang kita lakukan untuk mencapainya.