Aneka Manfaat Buah Buni, Menyehatkan Kulit sampai Mencegah Kanker


Buni (Antidema thwaitesianum) adalah buah kecil mirip anggur, berbentuk bulat, dan biasanya bergerombol. Rasanya manis, asam segar, dan cenderung sepet. Warnanya merah keungunan, dan biasanya digunakan sebagai pelengkap rujak. Ada pula yang memanfaatkan buah buni untuk dijadikan selai, sirup, dan lain-lain.

Meski berbentuk kecil-kecil, namun buah buni memiliki manfaat yang besar dalam membantu kesehatan. Buah buni memiliki kandungan banyak nutrisi yang baik, di antaranya vitamin C, provitamin A (karotenoid), vitamin B1, vitmain B2, vitamin E, mineral besi, fosfor, kalium, serat, dan lain-lain. 

Warna merah keunguan pada buah buni menunjukkan kadar antosianin yang tinggi dalam buah tersebut. Keberadaan senyawa aktif antosianin bernilai penting untuk kesehatan pembuluh darah. 

Antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh. Para herbalis menyebut buni sebagai obat beberapa penyakit seperti kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung, batuk, gangguan pencernaan, dan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat buah buni dalam membantu menunjang kesehatan manusia.

Melancarkan sistem pencernaan

Masalah pencernaan umumnya terjadi karena tubuh kekurangan serat. Kandungan serat dalam buni membantu mengatasi aneka masalah pencernaan, semisal sembelit, konstipasi, dan semacamnya. Karenanya, Anda yang kebetulan mengalami masalah penernaan dapat mengonsumsi buah ini, untuk mengatasi masalah tersebut. 

Menjaga kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik menjadikan orang tidak mudah kelelahan, sekaligus menjauhkan kemugkinan dari serangan penyakit. Buah buni mengandung antioksidan yang baik dalam menjaga dan merawat kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus buni setelah bekerja, misalnya, dapat mengembalikan kesegaran tubuh Anda.

Menjaga kesehatan mata

Buni mengandung provitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, serta mencegah terjadinya mata rabun dini. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau menjadikan buni sebagai makanan olahan.

Menghindarkan kanker

Kandungan vitamin C tinggi di dalam buah buni adalah antioksidan yang efektif dalam menangkal dampak radikal bebas. Radikal bebas kerap mengembangkan sel-sel kanker dalam tubuh. Jika radikal bebas dapat dihalangi, sama artinya dengan menekan perkembangan sel kanker.

Melindungi kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan E dalam buni memiliki manfaat dalam melindungi kesehatan kulit, karena meningkatkan sistem regenerasi kulit, memberikan nutrisi bagi kulit, dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Hasilnya, rutin mengonsumsi buni menjadikan kulit Anda lebih halus dan lebih bercahaya.

Menyembuhkan penyakit kulit

Selain menjaga kesehatan kulit sebagaimana yang disebut di atas, buni juga mampu membantu menyembuhkan masalah atau penyakit kulit. Karakter anti-inflamasi serta diuretik alami yang terkandung dalam buni bermanfaat dalam menangani beragam penyakit kulit, sebagaimana gatal alergi, gatal disebabkan gigitan nyamuk, bisul, serta lainnya. Untuk mendapatkan manfaat tesebut, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Siapkan 30-40 buah buni yang telah masak, cuci hingga bersih, lalu buang biji-bijinya. Konsumsilah daging buah buni antara 2-3 kali sehari. Minumlah air putih untuk menetralkan rasa sepet setelah mengonsumsinya.

Selain cara di atas, buni juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi gatal-gatal. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa butir buah buni sampai halus, lalu menggunakannya untuk digosokkan pada bagian yang gatal.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dosis tinggi pada buah buni dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga membantu menjaga kesehatan pencernaan, serta mencegah terjadinya kanker usus.

Mencegah hipertensi

Buni memiliki manfaat sebagai antihipertensi. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat menjauhkan risiko terkena darah tinggi. Selain itu, buni juga membantu kesehatan jantung serta aterosklerosis. Terakhir, buni juga baik dikonsumsi penderita anemia atau kurang darah.

Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi buni secara rutin dapat mencegah kolesterol. Jika tubuh Anda telah memiliki kandungan kolesterol tinggi, buni akan membantu menurunkannya. Selain menurunkan kadar kolesterol, mengonsumsi buni secara rutin juga dapat menurunkan kadar lemak.