7 Jajanan Depan Sekolah yang Hanya Ada di Indonesia


Zaman kecil dulu, ketika masih sekolah dasar, kita pasti ingat betapa senangnya saat lonceng istirahat berbunyi, lalu para siswa berhamburan keluar dari kelas dan menuju ke tempat jajan yang biasanya ada di depan sekolah.

Di depan sekolah, ada banyak penjual jajan dengan aneka jajanan yang bisa dipilih. Dari cilok, aneka es, gorengan, dan lain-lain. Untuk mengenang masa itu, berikut ini 7 jajanan depan sekolah yang biasanya populer di sekolah-sekolah Indonesia.

1. Cilok 

Jajanan yang satu ini ada di sekolah manapun, mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi. Cilok adalah singkatan dari aci (kanji) dicolok. Jajanan ini mirip bakso, tetapi lebih kecil dan kenyal. Biasanya ada tahu goreng kecil-kecil, pangsit goreng kecil atau telur puyuh yang menemani cilok. 

Disiram kuah sambal atau kecap, makannya dicolok-colok. Harganya juga murah, makanya banyak yang suka. Ada juga versi cilok bakar yang mirip sate. Siapa yang masih suka makan cilok?

2. Kembang Gula

Jajanan ini ada macam-macam, ada yang bentuknya gulali kental yang bisa dibentuk jadi macam-macam, ada gulali kapas, ada juga gulali yang mirip serabut kasar. Untuk kembang gula kapas, di negara lain juga ada, tapi jarang dijual di depan sekolah, biasanya di taman bermain atau pasar.

3. Gorengan

Tahu goreng, bakwan, singkong goreng dan sebagainya, enak dimakan hangat, apalagi saat cuaca dingin. Ada banyak tukang gorengan yang mangkal di depan sekolah. Harganya murah, rasanya enak. Seringkali gorengan ini dimakan ramai-ramai saat jam istirahat atau sebagai camilan sambil menunggu jemputan.

4. Sosis dan Tempura Goreng 

Jajanan ini baru ada beberapa tahun ke belakang, saat banyak produsen sosis dan tempura yang menjual dengan harga murah. Sosis goreng dan tempura ini biasanya dililit pada lidi, digoreng lalu dimasukkan plastik dan diberi saus.

5. Pukis Mini atau Kue Pancong

Selain jajanan yang disiram saus, ada juga makanan tradisional yang dijual di depan sekolah, misalnya pukis mini yang dicetak bulat atau kue pancong. Karena ditujukan untuk anak-anak sekolah, ukurannya mini-mini. Rasanya tidak kalah enak dengan pukis yang berukuran normal.

6. Gerobak Segala Es Bungkus

Jam pulang sekolah yang mayoritas ada di siang hari membuat banyak murid haus dan ingin minum es. Hal inilah yang membuat bisnis gerobak es aneka rupa selalu laris manis di Indonesia. Mulai dari es degan, es campur, es teh, es tebu bahkan es dari minuman instant banyak disediakan di luar sekolah.

7. Es Dung Dung 

Gerobak es dung dung sering dicari oleh para murid yang baru bubar sekolah. Rasanya yang manis, gurih dan murah membuat banyak anak menyukai es dung dung. Mau ditambah roti, bola mutiara, atau pakai siraman susu kental manis, silakan dipilih.