7 Cara Mengatasi Instagram yang Tiba-tiba Tak Bisa Dibuka


Instagram sebagai salah satu media sosial populer saat ini, menjadi aplikasi yang hampir pasti terpasang di smartphone penggunanya. Namun ada kalanya aplikasi yang dinaungi Meta tersebut mengalami kendala, seperti tidak bisa dibuka.

Penyebab Instagram tidak bisa dibuka bisa beragam, bisa karena aplikasi yang error, server down, masalah pada perangkat, dan lain sebagainya. Kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan cara memperbaiki Instagram yang tidak bisa dibuka ini.

Berikut solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi Instagram tidak bisa dibuka, dihimpun berbagai sumber.

1. Pastikan username dan password benar

Jika Anda mengalami kendala saat login sehingga tidak bisa membuka akun Instagram Anda, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah memeriksa kembali akun yang dipergunakan untuk login, yaitu username dan password-nya sudah benar.

Apalagi, password sangat peka terhadap kesalahan input huruf besar-kecil. Namun, hindari memasukkan identitas username dan password yang salah secara berulang karena aplikasi dapat mengganggapnya sebagai upaya peretasan.

2. Restart perangkat

Melakukan restart secara berkala bermanfaat untuk mengatasi kendala pada aplikasi, mencegah crash, dan membuat kinerja perangkat menjadi berfungsi dengan lebih baik.

Mengutip GuidingTech, ketika mengalami masalah tidak bisa membuka Instagram, coba restart perangkat Anda untuk memulihkan aplikasi dan ponsel. Biarkan beberapa saat untuk menghidupkan kembali perangkat dan membuka Instagram.

3. Cek koneksi internet

Seringkali kesulitan membuka dan mengakses Instagram disebabkan oleh koneksi internet yang buruk, yang kerap tidak disadari pengguna.

Jika Anda mencoba login dan menerima notifikasi bahwa terjadi gangguan atau masalah koneksi login server, maka perlu reboot router atau data seluler yang digunakan. Anda juga bisa mencoba mengalihkan (switch) koneksi internet dari Wifi ke jaringan seluler atau sebaliknya untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil.

4. Hapus cache dan data aplikasi

Cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah menghapus cache dan data aplikasi. Sebab cache yang penuh dapat menyebabkan aplikasi error, termasuk tidak bisa membuka Instagram.

Cara menghapus cache aplikasi bisa dilakukan melalui pengaturan atau setting aplikasi. Alternatifnya, Anda bisa coba login Instagram melalui browser yang tampilannya mirip dengan aplikasi di perangkat seluler.

5. Perbaharui Instagram

Biasanya error seperti tidak bisa masuk ke Instagram disebabkan oleh aplikasi masih menggunakan versi lama atau outdated. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan update Instagram ke versi terbaru.

Pembaharuan aplikasi cukup dilakukan melalui PlayStore bagi user Android atau AppStore bagi user iOs. Namun, jika masih mengalami kendala, coba hapus aplikasi kemudian instal ulang agar instalasi pembaruan aplikasi sempurna.

6. Coba login dari perangkat lain

Anda dapat mencoba masuk atau login akun Instagram di perangkat berbeda untuk memastikan penyebab kesalahan login dikarenakan oleh permasalahan perangkat yang tidak kompatibel atau bukan.

7. Buka situs Down Detector

Server Instagram yang sedang down bisa mengakibatkan pengguna tidak bisa masuk dan menjalankan di aplikasi. Anda dapat mengecek terlebih dahulu aplikasi lainnya apakah bisa berjalan normal.

Jika Anda bisa membuka aplikasi lain dengan lancar dan tidak pada Instagram, maka buka situs Down Detector untuk mengecek status server Instagram.

Situs Down Detector ini mampu mendeteksi layanan Instagram sedang down atau tidak di seluruh dunia atau zona tertentu saja. Apabila Instagram memang sedang down, maka tak ada cara memperbaiki Instagram yang bisa dilakukan kecuali menunggu sampai server Instagram kembali pulih.