6 Makanan yang Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita


Memiliki anak adalah harapan umum pasangan yang telah menikah. Namun, kadang momongan tak kunjung lahir, dengan berbagai penyebab. Di antara penyebab yang bisa terjadi adalah karena kurangnya kesuburan, baik pada pihak suami atau pihak istri. 

Menghadapi masalah itu, berkonsultasi dengan pihak berkompeten tentu menjadi solusi terbaik, agar bisa menemukan jalan keluar yang sehat.

Seiring dengan itu, jika kebetulan mengalami masalah kurangnya kesuburan, Anda juga bisa mengatasinya dengan sering mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

Makanan-makanan berikut ini tidak hanya bagus bagi pasangan yang memang kurang subur, tapi juga bagus bagi pasangan-pasangan yang subur, agar tetap terjaga kesuburannya.

Pisang

Pisang mengandung vitamin B6, yang membantu perubahan hormon dalam tubuh. Sering kali, masalah kesuburan terjadi karena perubahan hormon yang tidak stabil. Siklus menstruasi yang terganggu biasanya juga disebabkan kekurangan vitamin B6, begitu pula dengan kualitas sel telur dan sperma yang buruk. 

Kandungan tinggi vitamin B6 yang terdapat pada pisang akan membantu mengatasi masalah-masalah tersebut.

Asparagus

Umumnya, wanita—khususnya yang mengalami masalah kesuburan—disarankan untuk mengonsumsi tablet asam folat sebelum dan sesudah pembuahan. Asparagus kaya asam folat, dan dapat menurunkan risiko kegagalan pembuahan. Karenanya, asparagus bisa menjadi solusi alami dalam upaya tersebut.

Kacang almond

Kacang almond sangat baik dalam menunjang seksualitas pria, karena mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Kacang almond juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membantu melindungi sperma dan DNA.

Buah bervitamin C

Buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, lemon, dan lainnya, juga baik untuk menunjang seksualitas pria. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang lebih baik. Vitamin C memiliki nilai kesehatan yang tinggi, dan membantu memperbaiki keseimbangan hormon pada wanita.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung mineral selenium yang memberikan antioksidan untuk melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas. Selain itu, ikan salmon juga dapat membantu meningkatkan kesuburan, serta mencegah terjadinya cacat lahir atau keguguran.

Ikan makarel

Ikan makarel baik untuk pria maupun wanita yang mengalami masalah reproduksi. Asam lemak yang terkandung dalam ikan makarel dapat meningkatkan kesehatan sistem reproduksi wanita, sementara kandungan DHA dalam ikan makarel sangat baik dalam meningkatkan kualitas sperma.