5 Wabah Flu yang Pernah Mengancam Dunia, dari Flu Spanyol sampai H1N1


Kurang lebih sekitar 2.000 tahun lalu, flu pernah menyerang bapak dunia kedokteran, Hippocrates. Dijabarkan sebagai penyakit yang menyerang saluran pernapasan, menyebabkan hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir yang sarat dengan virus influenza.

Wabah flu pertama kali terjadi pada tahun 1580. Di sebuah musim panas, tanpa terduga wabah ini menyerang Asia. Wabah ini pun menyebar ke benua Afrika, Eropa dan berlanjut ke Amerika.

Kedengaran sepele, namun penyakit ini ternyata tidak bisa diremehkan. Beberapa jenis flu sempat menjadi ancaman dunia karena telah menimbulkan korban jiwa. Berikut ini uraiannya.

1. Flu Spanyol

Flu ini sempat tiga kali menjadi wabah dan membunuh jutaan orang. Pertama kali terjadi pada Perang Dunia I. Sekitar 1918 sampai 1920, flu ini membunuh setidaknya 675 ribu warga Amerika dan 50 juta orang di dunia.

Flu jenis ini lebih banyak menyerang orang dewasa dan manula. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa immune tubuh berperanan besar dalam mencegah penularan penyakit ini. 

Mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang baik bisa segera sembuh atau bahkan tidak terserang virus flu Spanyol.

2. Flu Asia

Pada Februari 1957, sebuah wabah flu diidentifikasi telah menyerang China. Menginjak bulan Juni, flu ini telah menyebar dan menyerang penduduk Amerika.

Para ahli kemudian menyebut flu ini sebagai sub tipe H2N2. Sekalipun pada akhirnya ditemukan vaksin yang dapat membantu menyembuhkan penyakit ini. Namun 70 ribu penduduk Amerika dan 2 juta orang di dunia telah meninggal karenanya.

3. Flu Hongkong

Bulan Juli 1968, virus influenza yang disebut H3N2 terdeteksi menyerang Hong Kong. Virus ini pun segera menyebar ke wilayah Asia lainnya. Sampai-sampai para tentara Amerika yang pulang dari Vietnam membawa wabah ini pulang ke negaranya.

Sekalipun memakan korban jiwa, namun Flu Hongkong segera dapat ditanggulangi. Ada sekitar 34 ribu warga Amerika yang meninggal dan 1 juta penduduk seluruh dunia yang meninggal.

4. Flu Burung

Masih ingat kan flu yang menyerang banyak hewan unggas dan meresahkan Indonesia beberapa waktu lalu?

Tak hanya menyerang unggas, ternyata pada 1997 flu ini juga menyerang manusia. Dilaporkan ada sekitar 18 orang yang terinfeksi virus ini di Hong Kong. Enam orang di antaranya meninggal dan tak dapat diselamatkan.

Sedangkan di Indonesia, virus ini juga menelan korban jiwa. Ditemukan bahwa mereka yang terserang flu jenis ini adalah yang berinteraksi langsung dengan unggas yang terserang flu burung.

Karena hal ini, unggas sempat dimusnahkan besar-besaran demi mencegah tersebarnya wabah virus yang lebih luas

5. Flu H1N1

April 2009 silam, Meksiko melaporkan terjadinya wabah flu yang berbeda dari sebelumnya. H1N1, demikian sebutan untuk virus jenis ini. Virus ini menyebar dengan cepat dan segera menguasai Amerika.

Kepanikan kemudian menyebar karena rasa takut terinfeksi. Uniknya virus ini secara umum memiliki gejala seperti flu biasa, hanya saja penderitanya juga akan mengalami diare dan rasa mual berlarut-larut. Virus ini berakibat fatal dan dapat menyebabkan kematian.