5 Tips Mudah Meningkatkan Kepercayaan Diri


Percaya diri, atau yang biasa disingkat pede, adalah salah satu modal penting dalam berbagai urusan dengan orang lain. Ketika bersama banyak orang, misalnya, sosok yang percaya diri akan mudah berbaur dan berinteraksi dengan orang-orang lain, meski mungkin masih asing. Dengan percaya diri yang baik, kita bisa mengajak kenalan mereka, mengobrol, hingga kemudian bisa akrab dan berteman.

Sebaliknya, kalau tidak percaya diri, kita sering kali malah gugup atau bingung saat berada di tengah banyak orang. Bukannya berbaur dengan mereka, kita justru menarik diri. 

Kepercayaan diri juga dibutuhkan dalam urusan kerja. Saat melamar kerja, misalnya, kita kadang harus menjalani interviu atau wawancara langsung. Hal itu tentu membutuhkan kepercayaan diri yang baik, agar menciptakan kesan positif. Bagaimana pun, kebanyakan perusahaan menginginkan pekerja yang percaya diri, yang dapat bergaul dengan orang secara baik, bukan orang yang tidak pedean.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri? Bisa jadi, urusan ini gampang-gampang susah. Namun, kalau kamu termasuk orang yang kurang pede, lima tips mudah berikut ini bisa dicoba.

1. Sering ngobrol di depan cermin

Cermin tak cuma buat ngaca sehabis mandi, tapi juga bisa menambah kepercayaan diri. Caranya, cukup sering bercermin, lalu coba untuk belajar di depan cermin (bisa ngomong apa saja, mulai dari kasih semangat, atau apa saja yang mau dilakukan, sampai memuji diri sendiri juga bisa. Coba deh, lakukan tiap pagi. 

2. Belajar berbicara lebih tegas

Tekankan suara, agar terdengar lebih tegas, dapat meningkatkan percaya diri. Nada bicara yang perlahan tapi jelas juga akan membuatmu didengar banyak orang. Dalam hal ini, kuncinya, jangan asal ngablak tanpa dipikir terlebih dulu.

3. Belajar ramah

Cobalah untuk menjadi pribadi yang ramah dan murah senyum. Ketika bertemu tetangga atau teman, sapalah mereka dan berikan senyum. Senyum membuatmu merasa lebih baik dan percaya diri. Kamu pun perlu selalu berusaha untuk berpikir positif, karena itu juga meningkatkan percaya diri. Sebaliknya, cara kamu memandang keadaan dari sisi negatif akan membuatmu pesimis dan menurunkan percaya diri.

4. Tidak mudah baper

Orang-orang di sekitarmu berhak menilai baik atau buruk dirimu. Nah, di sini tugasmu buat memilah mana yang bisa kamu terima dan mana yang tidak. Jadi, kalo ada komentar negatif, jangan langsung baper. Kalo memang benar, kamu coba untuk perbaiki. Tapi, kalo tidak benar, ya sudah, abaikan saja.

5. Coba berkreasi

Banyak hal kreatif yang ternyata bisa menambah kepercayaan diri. Kenapa? Soalnya hasil kreasimu akan dilihat oleh banyak orang. Nah, kalau mau menambah pede, kamu bisa membuat sesuatu yang akan dilihat orang lain. Misalnya membuat video, lalu share ke media sosial. Dengan begitu, kreasi kamu bakal ditonton orang-orang.