5 Seniman Paling Nyentrik dengan Karya Paling Aneh di Dunia


Seniman sering digambarkan sebagai sosok yang nyentrik, unik, atau aneh. Mereka bisa seorang pelukis, perupa, pematung, dan lain-lain. Senyentrik apa pun, karya-karya mereka biasanya mengagumkan, dan membuat dunia berdecak kagum. 

Berikut ini adalah sosok lima seniman yang bisa dibilang paling nyentrik dan aneh di dunia, dengan karya-karya yang sangat mencengangkan.

1. Bagian Tubuh Asli untuk Patung

Ketika seniman Jepang Hananuma Masakichi mendapati bahwa dia akan meninggal karena penyakit TBC, dengan segera Masakichi membuat patung replika dirinya untuk sang istri. Masakichi bekerja di sebuah ruangan penuh cermin untuk membuat setiap inci dari tubuhnya. 

Tidak cukup? Bahkan Masakichi yang (mungkin) gila mengambil beberapa bagian tubuhnya, seperti gigi, dan kuku untuk patung replikanya. Masakichi meninggal 10 tahun kemudian pasca menyelesaikan patung hidupnya.

2. Meminum Cat Lukis Kanvas

Apa yang dilakukan seniman Millie Brown mungkin amat sangat aneh. Bayangkan, Brown berpendapat bahwa karya seni paling sempurna itu menggunakan bagian dari tubuh seniman itu sendiri. Sehingga Brown memilih untuk tidak makan apapun sebelum melukis.

Sesaat sebelum melukis, Brown meminum cat lukisnya, dan memulai melukis di kanvas dengan cara memuntahkan satu persatu goresannya. Mengerikan? Gila? Tapi lukisan abstrak dengan nilai seni tinggi terbentuk dengan kegilaannya itu.

3. Darah Beku untuk Patung

Seniman Inggris bernama Marc Quinn sepertinya terlahir dengan ide brilian yang cenderung menyeramkan. Terinspirasi dari ide Rembrandt yang ingin membuat replika dirinya sendiri, Quinn memutuskan jalan yang sama, yakni menggunakan darah manusia.

Quinn mengumpulkan darah dengan mengunjungi praktek dokter setiap enam minggu sepanjang tahun. Darah-darah tak terpakai itu dibuat Quinn sebagai pelapis beberapa patung berbentuk kepala manusia karyanya.

4. Patung dari Mayat Hidup

Honore Fragonard adalah ahli anatomi Prancis di abad ke-18, dan sepupu dari seniman terkenal Jean-Honore Fragonard. Sama seperti sang sepupu, Honore juga menjadi seniman, namun sepertinya lebih gila.

Honore memperoleh mayat-mayat tak bernama dari hukuman mati, yang kemudian dia balsem dengan ilmu rahasia. Honore memberikan sebuah cairan untuk mayat-mayat itu, membedah seluruh organnya, dan membentuknya kembali. Mengerikan?

5. Objek Pesakitan

Pengertian dari seni sebenarnya sudah seringkali diperdebatkan selama berabad-abad. Dan itu tidak termasuk dengan mendapatkan luka tembak di lengan. Namun apa yang dipikirkan seniman Chris Burden ini sepertinya mengerikan.

Tidak ada yang memahami apa yang dipikirkan Burden, hanya dia tetap berpendapat bahwa membahayakan dirinya atas nama seni adalah hal paling indah.