5 Musisi Terkenal Dunia yang Pernah Terlibat Kasus Pembunuhan


Kasus yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain juga pernah menghampiri para musisi. Insidennya pun beragam, di antaranya ada yang sengaja maupun karena kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal. Berikut ini lima musisi terkenal dunia yang pernah terlibat kasus pembunuhan.

1. Claudine Longet

Penyanyi pop asal Prancis Claudine Longet membunuh kekasihnya, atlet ski Vladimir Sabich, di kediaman sang kekasih di Aspen. Vladimir meninggal tragis dengan peluru bersarang di tubuhnya.

Menurut Claudine terbunuhnya Vladimir karena kecelakaan. Pistol yang ia pegang meletus ketika Vladimir mengajari Claudine bagaimana cara memakainya.

Ternyata Claudine berbohong. Persidangan membuktikan ia bersalah. Meski demikian, hukuman yang dijalani tak terlalu lama. Ia hanya mendekam sekitar 30 hari di penjara.

2. Phil Spector

Pada 3 Februari 2003, aktris Lana Clarkson ditemukan tewas tertembak pistol di rumah mewah Phil di Alhambra, California. Menurut Phil kematian Lana adalah bunuh diri tak sengaja. Lana mencium pistol tersebut dan tiba-tiba meletus.

Menurut para saksi mata, Phil yang membunuh aktris tersebut. Sopir Phil mendengar majikannya berkata "I think I've killed someone". Seorang perempuan yang melintas di depan rumah Phil melihat sang penulis lagu tersebut memegang senjata.

Setelah melalui penyelidikan dan persidangan panjang akhirnya hukuma untuk Phil jatuh pada 29 Mei 2009. Ia dinyatakan bersalah dengan hukuman penjara 19 tahun di Penjara California.

3. Vince Neil 'Motley Crue'

Vokalis band Motley Crue Vince Neil terlibat kecelakaan mematikan pada 1984 silam gara-gara mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Para personel band hard rock Hanoi Rocks kecuali vokalis Michael Monroe berkunjung ke rumah Vince dan berlibur bareng sang vokalis.

Setelah berpesta bersama, Vince dan drummer band tersebut, Nicholas 'Razzle' Dingley memutuskan untuk jalan-jalan ke sebuah toko minuman keras. Vince yang mengendalikan kemudi ternyata kehilangan kontrol dan menabrak mobil lain.

Nicholas meninggal akibat kecelakaan tersebut sementara dua orang lainnya mengalami kerusakan otak. Vince pun bersalah atas tragedi tersebut dan dikenai hukuman 30 hari penjara pada 1985. Ia juga diwajibkan untuk melakukan pelayanan masyarakat dan denda US$ 2,6 juta.

Beruntung Vince hanya menjalani hukuman selama 15 hari saja. Ia kemudian dibebaskan karena berkelakuan baik.

4. Sid Vicious

12 Oktober 1978 menjadi hari terburuk bagi personel band Sex Pistol tersebut. Sid yang baru tersadar dari pengaruh narkoba terbangun mencari kekasih sejatinya, Nancy Spungen. Apa yang terjadi? Nancy tergeletak tak bernyawa di lantai kamar mandi Hotel Chelsea di Manhattan, New York. Nancy meninggal kehabisan darah akibat tusukan.

Pisau yang membunuh Nancy adalah milik Sid. Sid bersikeras membantah tuduhan tersebut karena ia sangat mencintainya.

Sayangnya Sid juga tak bisa mengingat kejadian malam sebelumnya. Yang ia tahu, mereka berdua bertengkar dan Sid meninggalkan Nancy sendiri di kamar.

Sepuluh hari setelah kematian Nancy, Sid berniat bunuh diri dengan memotong pembuluh darah di tangannya. Sid akhirnya dipenjara selama 55 hari dan kemudian ditebus pada 1 Fabruari 1979. Begitu bebas dari penjara, Sid berpesta dengan kerabat dekatnya.

Nasib berkata lain, belum satu hari ia menghirup udara bebas Sid ditemukan tak bernyawa akibat overdosis.

5. Randy Blythe 'Lamb of God'

Seorang penggemar meninggal setelah menonton konser Lamb of God. Sang vokalis Randy Blythe pun diduga bersalah. Kini Randy bahkan jadi tersangka. Kasus tersebut diproses di Prague, Republik Ceko di mana insiden tersebut berlangsung.

Seorang pria berusia 19 tahun meninggal setelah menonton konser Lamb of God. Menurut informasi yang beredar pria tersebut meninggal karena didorong Randy dari atas panggung. Ia jatuh dengan posisi kepala terjun terlebih dahulu dan membentur semen.

Akhir Juni lalu ketika Randy dan bandnya kembali ke Republik Ceko untuk menggelar konser tiba-tiba mereka digiring ke kantor polisi. Personel lainnya dinyatakan tak bersalah kecuali Randy yang kemudian mendekam selama 38 hari di balik jeruji besi. Kini media Republik Ceko, Novinky.cz menyatakan Randy telah ditetapkan sebagai tersangka. Penegak hukum punya waktu tiga bulan untuk menggelar persidangan atau kembali meninjau kasus tersebut.

Randy sebelumnya berjanji akan kembali ke Prague jika kasus telah ditetapkan. Ia akan berjuang untuk kebebasannya.