5 Mobil Super Ini Berkekuatan di Atas 1.000 Tenaga Kuda


Dalam beberapa dekade terakhir, banyak produsen mobil yang terobsesi untuk membuat mobil bertenaga besar. Mobil yang memiliki 1.000 tenaga kuda pun kini telah tercipta untuk memberikan sensasi yang kuat sekuat tenaga mesinnya.

Horsepower besar memang menjadi obsesi banyak penggila mobil dunia, karena itulah banyak produsen mobil berlomba membuat mobil super dengan kekuatan besar. Berikut 5 mobil berkekuatan di atas 1.000 tenaga kuda.

1. Bugatti Veyron

Agera R memang sebuah mobil gila. Memiliki tenaga sampai 1.160 daya kuda, Agera R menggunakan mesin twin-turbo V-8 dengan konsumsi BBM 20 mil per galon.

Kecepatan maksimumnya sebenarnya 434,5 km per jam. Saat diuji di Nurburgring Agera R memiliki kecepatan maksimum 401,6 km per jam, masih kalah dengan mobil tercepat di dunia saat ini yakni Bugatti Veyron Super Sport yang berlari sampai 431 km/jam. Akselerasi dari 0-100 km per jam dalam 2,8 detik.

Yang paling disanjung Koenigsegg di Agera R adalah kemampuan mobil ini untuk berlari dari 0-321 km per jam kemudian kembali berhenti selama 24,96 detik. Jika kita tengah mengendarai mobil ini, pasti merasakan betul detik-detik yang merangsang adrenalin anda.

Tentunya untuk mendapatkan sensasi tersebut ada harga yang harus Anda tebus. Ingin memilikinya? Siapkan saja kocek US$ 1,2 juta sampai US$ 1,5 juta itu berarti kalau dirupiahkan sekitar Rp 11-14 miliar.

2. Zenvo ST-1 50S

Ini adalah mobil super pertama asal Denmark yang tenaganya telah meningkat 144 dari 1.089 bhp menjadi 1.233 bhp dengan torsi yang juga meningkat dari 1.055 lb-ft menjadi 1.106 lb-ft.

Kemampuan sebesar itu didapat dari sebonggol mesin V8 yang sudah dilengkapi turbocharged dan supercharged. Mesin ini memiliki kapasitas 7.0 liter yang disandingkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan.

Dan meski menggunakan transmisi otomatis, kemampuan Zenvo ST-1 50S berakselerasi tidaklah lemot seperti mobil matik pada umumnya. Sebab Zenvo ST-1 50S mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik.

Bila ingin ngebut, para pengendaranya pun dapat memacu mobil yang dianugerahi tubuh eksotis dengan garis yang seksi ini hingga kecepatan 375 km perjam.

Di bagian dalam mobil, para Zenvo Automotive siap memberi kursi monogram dan sebuah petunjuk waktu yang dibuat khusus di Swiss berharga 30 ribu pounds.

Namun untuk mendapat itu semua, para calon pembeli mobil yang memiliki pelek magnisium ini harus merogoh kantong dalam-dalam. Sebab angka US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 15,3 miliar tadi masih angka off the road dan belum ditambah pajak dan itu harga untuk pasar Amerika Serikat.

Harga tersebut cukup mahal mengingat harga mobil ini di negara asalnya hanyalah 850 ribu euro atau hanya sekitar Rp 10 miliar saja.  

3. Bugatti Veyron

Bugatti Veyron saat ini masih menyandang gelar sebagai mobil produksi tercepat di dunia. Mobil ini pun jadi incaran kolektor. Karena itu, tidak heran bila ketika Bugatti meluncurkan edisi khusus mobil ini, hanya cukup beberapa hari untuk menjualnya.

Bugatti memperkenalkan edisi khusus Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse di ajang Pebble Beach Concours d’Elegance yang digelar di California pada tahun lalu.

Mobil ini pun langsung menjadi incara kolektor. Dan meski harganya mencapai US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 23,7 miliar, di akhir acara, rombongan Bugatti pulang tanpa membawa mobil lagi karena mobil yang mereka pamerkan ludes terjual.

Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse sendiri adalah sebuah edisi khusus Veyron yang hanya dibuat sebanyak 1 unit saja dengan atap terbuka.

Warna putih-biru yang melaburi tubuhnya terinspirasi dari mobil balap yang sangat sukses dan kini dimiliki oleh pesohor, Jay Leno yakni 1928 Bugatti Type 37A. Sementara interiornya berbalut kulit eksklusif berwarna cokelat.

Pada dasarnya, hanya tampilan saja yang berubah di edisi khusus Veyron ini. Sebab untuk urusan mekanis, Bugatti tidak merubahnya.

Mesinnya disokong oleh dapur pacu W16 berkapasitas 7,9 liter yang membuat aspal bergetar berkat kekuatan 1.200 tenaga kuda dan torsi 1.196 lb-ft yang tersalurkan melalui transmisi dual-clutch 7-speed.

Dengan kekuatan sebesar itu, mobil ini pun mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,6 detik saja dengan kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik di angka 375 km/jam.

4. Hennessey Venom GT

Tenaga besar pada sebuah mobil super memang sesuatu hal yang dicari oleh para penggila otomotif dunia. Produsen mobil pun berlomba untuk menciptakan mobil-mobil bertenaga besar. Dan mobil ini memiliki tenaga hingga 1.500 hp.

Ini adalah Hennessey Venom GT model tahun 2013 yang baru saja dibuka selubungnya oleh Hennessey. Tenaga 1.500 hp yang dimiliki mobil model tahun 2013 ini terhitung lebih besar dibanding model sebelumnya.

Bila sebelumnya Hennessey Venom GT model tahun 2012 hanya bertenaga 1.200 hp, kini tenaganya ditingkatkan jadi 1.500 hp dari mesin V8 berkapasitas 7.0 liter.

Mesin aluminium yang sudah dilengkapi dengan twin-turbo tersebut lalu dikawinkan dengan transmisi manual 6-speed dan otomatis 7-speed.

Dengan mesin tersebut, mobil yang memiliki bobot 1.220 kg itu diperkirakan mampu melaju dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,2 detik dengan kecepatan tertinggi 440 km/jam.

Desain eksterior Hennessey Venom GT juga terhitung telah banyak berubah. Headlamp kini sudah memiliki desain baru, begitu juga dengan bumper dan kap mesin. Bahkan, pintu pun dirancang ulang oleh Hennessey.

Namun untuk mendapatkannya, dipastikan para peminatnya harus merogoh kantong dalam-dalam. Sebab, harga mobil ini diperkirakan akan mencapai US$ 1 juta atau sekitar Rp 9,6 miliar.

5. Aero XT

Ini adalah salah satu mobil yang sempat mendapat peringkat sebagai mobil tercepat di dunia, namun dia akan pensiun. Sebagai perpisahan Shelby Super Cars (SSC) menyiapkan mobil khusus.

Mobil khusus itu adalah sebuah SSC Ultimate Aero XT. Mobil ini memiliki tenaga sangat gila yakni mencapai 1.300 tenaga kuda, atau sedikit lebih kecil dari calon mobil tercepat dunia lainnya yang kini tengah digodok SSC yakni Tuatara yang memiliki tenaga sampai 1.350 hp.

Kembali ke Ultimate Aero XT, mobil ini bisa memiliki tenaga besar berkat mesin 6.900 cc V8 twin-turbocharged.

Semua tenaga kuda ini dikirim ke roda belakang dengan bantuan girboks 7 percepatan yang dikontrol melalui paddle shift di kemudi.

Untuk akselerasinya, SSC Ultimate Aero XT edisi khusus bisa berlari dari keadaan diam sampai 100 km per jam dalam 2,65 detik dan memiliki kecepatan maksimum 439 km per jam.