4 Resep Alami Mengatasi Sakit Pinggang


Sakit pinggang yang dimaksud di sini adalah sakit pinggang yang diakibatkan oleh gangguan otot di bagian bawah perut. Penyakit ini dapat disebabkan oleh karena banyak duduk, kandung kemih yang turun, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, atau sering mengangkat benda-benda yang berat. 

Umumnya, penderita penyakit ini akan sering merasa pegal dan linu, air kencing jadi keluar secara tidak lancar, dan terasa sakit pada bagian bawah perut.

Untuk mengatasi sakit pinggang ini, Anda bisa memilih resep-resep berikut ini.

Resep pertama, siapkan 20 lembar daun selasih, 2 lembar daun lengkuas muda, dan 1 potong jahe. Semua bahan tersebut disatukan, kemudian ditumbuk sampai menjadi halus. Setelah itu, beri sedikit air panas, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Resep kedua, siapkan 3 lembar daun sirih dan 1 sendok makan kapur sirih. Daun sirih dilembutkan dengan cara ditumbuk sampai menjadi lembut, kemudian dimasukkan ke dalam air sebanyak setengah gelas bersama kapur sirih. Aduk-aduklah hingga merata, kemudian peraslah dan endapkan air perasannya selama satu jam.

Kemudian, ambillah bagian atas air endapan perasan tersebut, dan minumlah setelah makan sebanyak dua kali sehari. Hal ini harus dilakukan secara berturut-turut selama tiga hari.

Resep ketiga, Anda bisa mengkonsumsi masakan tumis dengan resep berikut.

Untuk bahan-bahannya, siapkan: 50 gram kucai (dibersihkan), 50 gram suhun (direndam), 1 buah wortel (diiris halus panjang), 1 buah mentimun hijau (diiris halus panjang), 1 buah cabai merah (diiris halus panjang), dan 1 genggam jamur kuping hitam (direndam).

Untuk bumbu-bumbunya, siapkan: 1 sendok makan kecap kental, 1 sendok makan kecap encer, 1 sendok teh minyak wijen, 1 sendok makan minyak non kolesterol, 3 siung bawang putih (dihaluskan), air kaldu secukupnya, merica secukupnya, dan gula secukupnya.

Cara membuatnya, tumislah bawang putih sampai wangi, lalu masukkan irisan wortel, mentimun, jamur, dan juga cabai. Setelah agak lunak, tumislah suhunnya yang telah direndam terlebih dulu selama satu hari, kemudian masukkan bumbu-bumbunya. Sesaat sebelum hidangan tersebut diangkat, masukkan kucai ke dalamnya. Hidangan resep ini dapat disajikan dengan taburan irisan telur dadar.

Resep keempat, Anda dapat menggunakan daun apokat. Caranya, ambillah sepuluh lembar daun apokat yang tidak terlalu tua, tapi juga jangan terlalu muda. Rebuslah daun apokat itu dengan air sebanyak dua gelas dan biarkan sampai mendidih hingga airnya tinggal setengah gelas. Setelah itu angkat dan diamkan. Setelah air rebusannya hangat-hangat kuku, minumlah secara teratur setiap hari.