4 Mindset Penting agar Sukses Menabung di Usia Muda, Meski Gaji Kecil


Mapan di usia 25-an merupakan salah satu impian yang ingin dipenuhi oleh sebagian dari generasi muda. Namun, untuk meraih mimpi tersebut, diperlukan usaha yang kuat dan tekad yang tidak kecil.

Oleh karena itu, diperlukan mindset sejak muda agar ke depannya tetap konsisten meraih mimpi tersebut. Jadi walaupun gaji yang kamu terima tidak seberapa, dan perlu membayar beberapa keperluan lainnya, mindset kamu bisa jadi satu-satunya penolong.

Lantas, mindset seperti apa yang dibutuhkan oleh generasi muda agar dapat mapan di usia 25-an? Mengutip Cheat Sheet, berikut ini ulasannya.

1. Ingat tujuanmu menabung

Mindset ini diperlukan ketika kamu memang ingin menyisihkan uang untuk menabung. Terlebih beberapa generasi muda seperti dirimu kerap kali tergoda untuk berlaku konsumtif. Sehingga tanpa disadari kamu telah membeli barang yang bisa kamu sesali.

Untuk menghalangi hal tersebut terjadi, kamu perlu memikirkan tujuan apa yang membuatmu menabung. Misalnya kamu menabung karena ingin membeli rumah di umur 30-an, pastikan bahwa kamu memang bertekad untuk meraihnya. Dengan begitu, godaan untuk berlaku konsumtif dapat tertahan.

2. Kebutuhan lebih penting dari keinginan

Seringkali kamu tidak menyadari keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang berbeda. Oleh karena itu, kamu kerap tergocek dan membeli beberapa barang yang kamu inginkan bukan yang kamu butuhkan. Misalnya kamu ingin memenuhi gaya hidup, namun kamu juga membutuhkan laptop baru untuk bekerja.

Akibatnya, kamu memilih untuk memenuhi keduanya. Sehingga pengeluaran menjadi lebih besar dan kamu tidak bisa menyisihkannya untuk menabung. Nah, jika kamu terjebak dalam situasi yang seperti ini lagi, pastikan untuk memenuhi kebutuhan daripada keinginan ya!

3. Jangan boros ketika mendapat gaji lebih

Ketika mendapatkan kenaikan gaji, tentu kamu akan membuat kembali laporan keuangan agar lebih tertata lagi. Nah, seringkali sebagian generasi muda menjadikan hal ini sebagai kesempatan untuk membeli barang yang tidak bisa dibeli sewaktu dulu

Misalnya membeli ponsel dengan tipe baru atau menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak penting. Daripada kamu menghabiskan uang untuk hal yang tidak begitu diperlukan, sebaiknya simpan uang itu untuk menambah jumlah tabungan. Dengan begitu, tanpa terasa kamu akan lebih cepat memenuhi tujuan dari kamu menabung.

4. Tak perlu terlalu sering self reward

Self reward tentunya menjadi hal yang cukup penting untuk generasi muda agar tetap semangat bekerja. Artinya, melakukan self reward jadi cara terbaik untuk bisa menikmati hasil dari kerja keras yang telah dilakukan. Namun bukan berarti self reward perlu dilakukan setiap hari.

Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa menulis batas maksimal melakukan self reward setiap bulannya. Misalnya kamu membatasi dengan hanya melakukannya dalam satu sampai dua kali saja setiap bulannya. Dengan menata kembali frekuensi melakukan self reward, kamu bisa menambah pemasukan dari tabunganmu.