4 Cara Memastikan Kehalalan Sebuah Restoran, Menurut MUI


Banyak restoran yang mengklaim jika menu-menunya halal. Namun untuk memilih restoran yang benar-benar halal, pembeli tetap harus cermat dan kritis mencari tahu.

Pasalnya, kini makin banyak unsur haram yang masuk ke dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Karenanya, umat Muslim dituntut untuk menjadi pembeli yang pintar.

LPPOM MUI, melalui media Jurnal Halal, memberikan beberapa tips. Berikut 5 cara memastikan kehalalan sebuah restoran.

1. Lihat sertifikasi resmi

Cara termudah tentu dengan melihat sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang. 

Bisa juga dengan mengakses website LPPOM MUI untuk mengetahui daftar restoran yang sudah diakui kehalalannya. LPPOM MUI juga mengeluarkan Jurnal Halal serta Direktori Halal yang berisi panduan produk dan restoran bersertifikasi halal. 

2. Jangan terkecoh

Banyak ditemukan restoran yang mencantumkan logo halal yang dibuat atas inisiatif sendiri, bukan dikeluarkan oleh lembaga terkait. Masih banyak yang menganggap jika penjual adalah seorang Muslim, maka makanannya sudah tentu halal. 

Padahal halal tak cuma sebatas tidak menggunakan bahan yang diharamkan, namun juga komposisi dan cara mengolah makanan dengan terperinci.

3. Pastikan bahannya halal

Hindari restoran yang menyajikan aneka menu masakan yang masih diragukan soal halal dan haramnya. Tak ada salahnya bertanya langsung mengenai penggunaan komposisi makanan tersebut. Misalnya dengan menanyakan, apakah makanan yang Anda pesan menggunakan Ang Ciu, wine atau sake?

4. Lebih kritis memilih restoran

Hindari restoran yang menyajikan masakan yang jelas-jelas haram. Jika ragu dan tak yakin, sebaiknya jangan makan di restoran yang mengaku menyajikan makanan halal namun juga menjual makanan yang mengandung unsur yang diharamkan seperti daging babi dan minuman keras.