10 Fakta Orang Indonesia yang Membuat Heran Orang Asing


Masing-masing negara memang memiliki budaya dan kebiasaan-kebiasaan tertentu, yang bisa jadi saling berbeda atau bahkan bertolak belakang. Negara-negara yang serumpun mungkin masih memiliki banyak persamaan, misalnya Indonesia dan Malaysia. Namun, negara-negara Eropa bisa jadi berbeda jauh jika dibandingkan dengan Indonesia, khususnya dalam kebiasaan dan budaya.

Karenanya, ketika orang-orang asing dari negara-negara jauh datang ke Indonesia untuk berwisata, misalnya, kebanyakan mereka terheran-heran dengan banyak hal yang ada di Indonesia. Di antara banyak hal terkait orang Indonesia yang sering bikin orang asing heran, berikut ini adalah sepuluh di antaranya.

Cara merayakan ulang tahun

Kebanyakan, saat ulang tahun, teman-teman baik telah menyiapkan ritual unik. Setelah mereka berkumpul, memotong kue, beberapa orang lalu melempari teman yang ulang tahun dengan telur dan terigu ke kepala atau badan. Kadang-kadang, teman yang ulang tahun tersebut juga dikerjai dengan hal-hal aneh.

Sebagian orang percaya hantu 

Untuk alasan ini, mereka tidak pernah mematikan lampu, bahkan saat tidur. Selain boros energi, tentu hal ini sangat tidak nyaman bagi orang-orang asing yang mempunyai kebiasaan tidur dengan mematikan lampu.

Banyak hewan di mana-mana

Hampir tiap rumah, toko, atau rumah sakit, terdapat hewan peliharaan; kucing. Selain kucing, ada hewan peliharaan lain seperti ikan, kura-kura, burung, dan monyet. Sementara hewan-hewan lain yang tidak dipelihara tapi ada di sekitar kita di antaranya nyamuk, semut, kecoa, dan tikus

Soal makanan

Mencampur salad dengan mayones tentu sangat normal. Namun, di Indonesia ada yang lebih unik, yaitu memakan pisang dengan sambal. Ada juga yang makan nasi dengan lauk mi untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Ada juga makanan lain yang selalu dilengkapi cabai pedas.

Toilet yang dianggap primitif

Masih banyak rumah atau restoran yang mempunyai toilet "primitif". Mereka tidak pernah memakai kertas tisu, dan tidak di-flush. Jarang ditemukan shower, karena yang ada adalah ember besar dengan air dari keran yang selalu dingin. Tentu ini sangat pas dengan keadaan Indonesia yang sangat panas, tapi belum tentu membuat orang asing nyaman.

Hobi melalaikan waktu

Tampaknya, orang Indonesia sangat santai. Untuk bertemu, perlu waktu 30-120 menit untuk menunggu. Perspektif tentang waktu dan ketepatan waktu sangat bertolak belakang dengan kebiasaan orang asing, Eropa misalnya.

Berlawanan keinginan

Masyarakat Indonesia dan Asia secara umum ingin mempunyai kulit putih. Ini berlawanan dengan keinginan orang Eropa. Para perempuan Indonesia berusaha menghindari sinar matahari langsung, dengan memakai payung atau jaket. Bahkan, di negara tropis, banyak ditemukan kosmetik pemutih.

Hubungan anak dengan orangtua

Orangtua di Indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar mengenai hidup anak-anaknya, mulai dari pilihan studi, suami/istri, hingga agama. Anak-anak dari keluarga yang konservatif harus meminta izin saat akan pergi keluar rumah, dengan jam malam. Biasanya diizinkan sampai jam 9 malam.   

Menjamurnya obat herbal

Obat herbal atau jamu tradisional yang dianggap bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit sangat banyak beredar di Indonesia. Bahkan, beberapa dokter menyarankan untuk mengonsumsinya.

Tidak ada privasi

Banyak orang lebih memilih untuk tinggal dan tidur sekamar dengan orang lain, baik karena alasan takut atau karena tidak suka tinggal sendirian. Tidur dianggap bukan hal yang privasi. Sehingga lazim terjadi orang tidur di tempat umum dan dibangunkan sewaktu-waktu.