10 Anjing Terbaik yang Bisa Dijadikan Teman Bermain Anak (Bagian 1)


Anjing sudah terkenal sebagai hewan yang dekat dengan manusia. Karenanya, banyak keluarga yang memelihara anjing, hingga hewan itu seperti menjadi bagian keluarga. 

Selain setia dan bisa diandalkan, anjing juga hewan jinak yang bisa dilatih. Karenanya, jika Anda kebetulan ingin memelihara anjing di rumah dengan tujuan untuk dijadikan teman bermain anak, uraian berikut ini mungkin bisa membantu.

10. Bichon Frise

Bichon Frise adalah salah satu anjing yang sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Bagaimana tidak? Bichon Frise adalah anjing yang sama sekali tidak memiliki penampilan yang sangar, Bichon Frise kecil, lucu, sangat berenergi, dan senang bermain. Siapapun yang melihat anjing jenis ini pasti akan setuju.

Menurut para pakar anjing, kebanyakan anjing kecil sangat mudah untuk dilatih. Termasuk di dalamnya adalah Bichon Frise. Sifatnya yang senang bermain sangatlah cocok menjadi sahabat anak kecil. Meski Bichon Frise bisa tinggal rumah yang kecil, anjing jenis ini tetap harus diajak berolahraga. Umur anjing Bichon Frise berkisar antara 12 sampai 15 tahun.

9. Newfoundland

Ketika orang tua ingin mencari anjing penjaga sekaligus anjing yang bisa menemani anak bermain, maka pilihan akan jatuh pada Newfoundland. Anjing jenis Newfoundland menjadi anjing pilihan orang tua untuk menemani anak bermain sekaligus menjadi penjaga sang buah hati. Oleh karena itu, Newfoundland mendapatkan julukan Nature's Babysitter.

Newfoundland memiliki karakter ramah, baik, dan sabar. Tubuh Newfoundland bisa tumbuh sampai setinggi 27 inci dengan berat 69 kg. Meski Newfooundland terkenal akan air liurnya yang banyak, Newfoundland tetap bisa dijadikan anjing rumahan. Newfoundland mayoritas jago berenang, maka anjing jenis ini sering dijadikan anjing penyelamat juga. Hebat, kan?

8. Poodle

Ketika ada kontes anjing, jenis anjing yang paling banyak terlihat adalah jenis Poodle. Jenis apakah Poodle tersebut? Poodle adalah jenis ras anjing yang berasal dari Jerman. Di Jerman, anjing ini tidak dilombakan untuk kontes, melainkan dimanfaatkan untuk membantu memburu hewan. Anjing Poodle diketahui sebagai perenang yang baik dan memiliki bulu khasnya yang keriting.

Meski memiliki latar belakang sebagai anjing pemburu, Poodle adalah anjing yang sangat pas untuk anak kecil. Soal kecerdasan, Poodle tidak kalah dengan Golden Retreiver, membuatnya sangat mudah untuk dilatih. Keunikan Poodle sekaligus menjadi kelemahannya yakni bulunya yang keriting. Bulu Poodle harus sering disikat dan dicukur agar tetap cantik dan terawat.

7. Collie

Pada tahun 1954, di televisi sempat tayang serial berjudul Lassie. Lassie adalah anjing jenis Collie yang dijadikan tokoh utama dalam serial televisi tersebut. Mengisahkan persahabatan antara manusia dengan anjing Collie bernama Lassie. Karena popular, Lassie diangkat ke layar lebar pada tahun 2005.

Collie adalah jenis anjing yang sangat pintar dan sangat mudah diprediksi. Memiliki bulu yang lebat dan sangat setia pada pemiliknya. Anjing jenis ini sangat aktif, mereka akan sangat senang apabila berada dekat anak-anak. Dengan berat badan antara 20 sampai 30 kg, Collie bisa bertahan hidup sampai umur 16 tahun.

6. Bull Terrier

Bull Terrier bisa juga dijadikan anjing peliharaan yang mengasyikan. Apalagi jika dijadikan sahabat bagi anak kecil, dijamin anjing ini bisa menjadi teman bermain yang sempurna. Bagi kalian yang termasuk keluarga besar, Bull Terrier adalah pilihan yang tepat. Dengan memberikan rasa sayang yang pas, anjing ini bisa juga menjadi penjaga anak.

Karena namanya yang mirip, Bull Terrier sering disalahkira sebagai Pitbull yang besar. Pitbull dan Bull Terrier adalah 2 ras anjing yang berbeda. Bull Terrier sengaja dibiakkan dengan tujuan untuk menjadi sahabat anak kecil. Ukuran standar Bull Terrier adalah 22 inci, jangan lupa juga untuk sering melatih anjing ini karena Bull Terrier tergolong anjing yang cukup aktif.

Baca lanjutannya: 10 Anjing Terbaik yang Bisa Dijadikan Teman Bermain Anak (Bagian 2)