Wow, Arkeolog Menemukan Perhiasan dari Zaman Nabi Isa


Para arkeolog di Jerusalem dikejutkan dengan penemuan mereka yang tak terduga-duga. Penemuan itu disebut-sebut sebagai penemuan paling langka yang pernah mereka temukan, karena telah berusia 200 tahun, dan diyakini sebagai peninggalan zaman Nabi Isa, ketika Romawi masih berkuasa. 

Benda yang menjadi penemuan para arkeolog itu adalah sebuah anting-anting, yang ditemukan di dekat tembok Jerusalem.

Doron Ben-Ami, yang menjadi direktur penggalian di situs tersebut menyatakan bahwa anting tersebut ditemukan di bangunan Byzantine, yang dibangun beberapa abad setelah anting itu sendiri dibuat. Tampaknya, dia menyatakan, anting tersebut merupakan barang perhiasan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Sebagai perhiasan, anting yang ditemukan itu tergolong sangat mewah. Bentuknya berupa zamrud besar dengan dikelilingi bingkai emas. Sedang di masing-masing zamrudnya terdapat mutiara. “Benda ini pasti milik seorang bangsawan di Jerusalem,” kata Doron Ben-Ami. “Benda seperti ini tidak mungkin dimiliki orang biasa.” 

Ben-Ami juga mengatakan bahwa anting-anting yang bentuknya seperti itu sebelumnya banyak ditemukan di sejumlah situs purbakala di Eropa, yang merupakan daerah kekuasaan Romawi. Dilihat dari bentuk ukirannya, teknik yang digunakan berasal dari budaya Mesir yang satu zaman dengan Romawi.

Bagi para arkeolog, temuan benda purbakala di Jerusalem dari zaman Romawi termasuk langka, sebab kota itu dihancurkan oleh kerajaan Romawi pada abad pertama. Sementara arkeolog Amerika, Shimon Gibson, yang juga terlibat dalam penggalian itu menyatakan bahwa penemuan tersebut sangat luar biasa.

“Penemuan itu sangat berharga dalam konteks arkeologi Jerusalem. Karena benda berharga sering dijual atau meleleh saat kota itu mengalami kejatuhan,” katanya.