Untuk Ibu Hamil, Ini Panduan Mempersiapkan Dokter Anak


Yang biasanya dilakukan ibu hamil adalah mencari ginekolog, namun tidak ada yang mengingatkan atau tak terlintas di pikiran untuk juga mencari dokter anak (pediatrician).

Para ibu hamil mungkin berpikir, buat apa harus repot-repot mencari dokter anak sekarang, toh nanti setelah melahirkan akan ada dokter yang akan membantu?

Tidak sedikit ibu baru yang panik ketika melihat bayi yang baru lahir. Karenanya, ketika hal semacam itu terjadi, dokter anak yang telah Anda pilih dan Anda kenal serta percayai akan mampu menggantikan Anda dalam menangani bayi Anda yang masih merah.

Tentu saja akan ada perawat yang juga akan mengontrol Anda serta bayi Anda setiap beberapa jam, namun akan lebih baik kalau Anda memiliki persiapan sendiri, yaitu dokter anak yang sudah sepakat dengan Anda untuk memberikan penanganan seperti yang harus dilakukan begitu si bayi lahir.

Nah, kapan sebaiknya Anda mulai mencari dokter anak untuk keperluan ini?

Jika mengacu pada nasihat Dr. Andrea McCoy, Direktur Medical of Temple Pediatric Care di Temple University Children’s Medical Center, Philadelphia, upaya mencari dokter anak bisa dilakukan pada trimester kedua, atau tepatnya setelah kehamilan Anda dipastikan lancar. Bulan-bulan terakhir akan berlalu dengan lebih cepat, sehingga Anda mungkin tidak punya cukup waktu untuk mencari dokter anak terbaik.

Dalam memilih dokter anak ini, yang perlu Anda perhatikan adalah yang memiliki kepribadian yang ‘nyambung’ dengan Anda. Untuk hal tersebut, Anda bisa meminta rekomendasi sahabat atau saudara, meski tak ada salahnya Anda mencari dokter anak yang bisa memenuhi kebutuhan Anda sendiri.

Selain itu, pastikan Anda melakukan riset atas dokter anak tersebut, dengan mencari tahu ketersediaan waktunya, apakah jadwalnya terlalu padat atau tidak, bagaimana reputasinya, kemampuannya dalam mendengarkan klien, sampai bagaimana interaksinya dengan anak-anak.

Setelah Anda menemukan dokter anak pilihan, Anda bisa berkonsultasi dengannya sebelum melahirkan. Tanyakan apa saja yang ingin Anda ketahui—dari soal memandikan bayi, menyusui, imunisasi, dan masalah-masalah medis menyangkut bayi Anda. 

Yang juga tidak boleh dilupakan, pastikan Anda merasa nyaman dengan dokter anak pilihan Anda. Jika tidak, sebaiknya Anda mencari dokter lain saja.