Tulisan Tangan Einstein tentang Teori Relativitas Terjual Rp 185 Miliar


Sebuah manuskrip yang ditulis oleh Albert Einstein tentang teori relativitas terjual dengan harga fantastis, yaitu 11,7 juta Euro atau setara Rp 185 miliar. Manuskrip itu dijual kepada seorang anonim di Balai Lelang Christie's di Paris.

Harga tersebut jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan. Christie's sebelumnya menaksir manuskrip itu bernilai 2 juta hingga 3 juta Euro.

Manuskrip itu berisi kertas setebal 54 halaman, sekitar setengahnya adalah tulisan tangan Einstein. Itu adalah satu dari dua dokumen kerja yang ditulis Einstein bersama fisikawan Swiss, Michele Besso.

Isinya adalah pemikiran Einstein yang menjadi dasar dari teori relativitas. Sedangkan Besso adalah teman dekat dan mitra akademik Einstein, yang ikut menulis karya antara 1913-1914.

"Itu juga yang membuatnya sangat penting mengingat dokumen kerja Einstein sebelum 1919 sangat langka," kata Vincent Belloy, pakar Christie's di Paris.

"Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kami sudah membuatnya benar-benar luar biasa," katanya menambahkan.

Sebagian besar manuskrip terdiri dari perhitungan tak berujung yang ditulis dengan tinta hitam di atas kertas kusut dan sedikit menguning. Manuskrip itu menantang citra populer Einstein sebagai seorang jenius mutlak. Sebab di dalam catatan itu menunjukkan pula bahwa bahkan Einstein kadang-kadang membuat kesalahan.

Sebelumnya, sebuah surat tulisan tangan Einstein yang menyebutkan persamaan E=mc², bagian dari teori relativitas khusus sebelumnya, telah terjual dengan harga sekitar 1 juta Euro. Catatan tersebut dijual di Amerika Serikat dengan harga lebih dari tiga kali yang diperkirakan.