Tips untuk Ibu Hamil: Panduan Mengenali Gerakan Bayi dalam Kandungan


Ketika usia kehamilan memasuki 28 minggu, ibu hamil biasanya akan mulai merasakan tendangan atau gerakan tertentu dari si bayi yang masih ada dalam kandungan. Biasanya pula, ibu hamil akan sedikit merasa sakit pada waktu si bayi bergerak dalam kandungan. Namun itu hal yang normal, jadi tidak perlu khawatir.

Dalam hal gerakan bayi dalam kandungan, medis bahkan menyarankan agar ibu hamil memperhatikan gerakan-gerakan tersebut. Gerakan-gerakan bayi tersebut merupakan tanda perkembangan si calon bayi yang berjalan normal. Karenanya, ibu hamil dapat menggunakan gerakan tersebut untuk memantau perkembangan calon bayinya. 

Berikut ini tip mudah untuk melakukan hal tersebut.

Pertama, hitunglah gerakan bayi setiap harinya, kemudian elus-elus bayi dalam kandungan Anda pada waktu aktif bergerak.

Hitunglah jumlah gerakan kecil setelah Anda mengkonsumsi makanan. Pada waktu itu, bayi Anda biasanya akan bergerak lebih aktif.

Letakkan tangan Anda, tepat pada posisi bayi, dan perhatikan gerakan-gerakannya.

Seiap kali bayi bergerak, tandai dalam selembar kertas, atau buku khusus.

Hitunglah terus hingga mencapai sepuluh gerakan. Apabila gerakan bayi tidak mencapai sepuluh kali, cobalah lakukan hal di atas pada hari berikutnya. Apabila tetap tidak mencapai sepuluh gerakan, maka ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya dengan dokter Anda.