Tips Sehat Mengurangi Kebiasaan Makan Roti Tawar


Banyak orang mengandalkan roti tawar atau roti putih sebagai sajian yang praktis namun lezat, misalnya untuk sarapan atau camilan sehari-hari. Tinggal mengirisnya, lalu memberinya mentega, susu kental, atau gula, maka sajian enak itu pun bisa langsung dinikmati. Sayangnya, jika dikonsumsi secara rutin, roti tawar bisa menyebabkan kegemukan.

Dalam setangkup roti tawar dengan olesan selai cokelat terdapat 200-300 kalori. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tentu akan lebih besar jika kita mengasup lebih dari satu tangkup roti, ditambah minuman yang mengandung gula. 

Dalam studi yang dilakukan selama 5 tahun terhadap lebih dari 9.200 orang, terbukti bahwa orang lebih mungkin mengalami kegemukan dan obesitas karena makan roti tawar, dibandingkan jika makan roti gandum utuh.

Karena itulah, jika Anda kebetulan memiliki kebiasaan makan roti tawar namun tetap ingin memiliki berat badan ideal, Anda bisa mulai meninggalkan kebiasaan itu. Untuk membantu tujuan tersebut, berikut ini beberapa tip yang bisa Anda coba untuk mengurangi konsumsi roti tawar. 

Nikmati roti gandum

Seperti yang disebutkan di atas, roti gandum lebih baik dibandingkan roti tawar, khususnya dalam hal menjaga berat badan. Namun, rasa roti dari gandum utuh biasanya menutupi rasa isian roti. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang kurang menyukai roti gandum. 

Untuk menyiasatinya, cobalah tambahkan olesan seperti saus tomat, selai, hingga daging alpukat matang tumbuk, pada roti. Selain menambah enak rasanya, tambahan olesan itu akan menambah gizi roti. 

Selain itu, Anda juga bisa memakan roti tanpa ditumpuk atau tidak bertangkup. Caranya, makanlah satu lembar roti dengan isian roti yang diletakkan di atasnya, kemudian langsung dimakan.

Pasta gandum utuh

Selain roti gandum, pilihan enak lain yang bisa digunakan untuk mengganti roti tawar adalah pasta gandum utuh. Biasanya, produk gandum utuh membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa matang. 

Sementara jika dimasak terlalu lama atau terlalu matang, pasta jenis ini akan terlihat kurang menarik. Untuk menyiasatinya, kita perlu memperhatikan cara memasak, agar produk gandum utuh tetap enak dan menarik untuk dimakan.

Nasi merah

Nasi merah juga bisa dijadikan alternatif pilihan untuk menggantikan kebiasaan makan roti tawar. Umumnya, orang tidak menyukai rasa nasi merah atau produk biji-bijian utuh karena rasanya yang dianggap hambar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memperkaya rasa pada produk-produk semacam itu dengan menambahkan bumbu.

Bumbu yang dimaksud di sini bukan garam atau penyedap rasa, melainkan bumbu dapur yang terdiri dari umbi dan rempah, misalnya bawang putih, cabai merah, lada hitam, jahe, dan jenis bumbu lainnya.